SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Diduga Tercemar Limbah, Ikan di Sungai Porong Banyak yang Mati

IMG_20160802_202255_296
(PORONGterkini) – Pergantian musim kemarau, puluhan warga Sidoarjo beramai-ramai memadati disekitaran area Sungai Porong, Sidoarjo, Selasa (02/08/2016). Hal itu bertujuan untuk mencari ikan yang sedang mabuk di kawasan tersebut.

Menurut data yang dihimpun Sidoarjoterkini, fenomena tahunan saat pergantian musim itu, banyak masyarakat Porong bahkan kecamatan lain mencari ikan. Sekitar pukul 03.00, dengan membawa perahu dan peralatan jaring, mereka sudah siap menangkap ikan yang mabuk.

BACA JUGA :  Pererat Silaturahmi, Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Halal Bihalal Bersama Forpimka

“Kejadian ikan mabuk ini hampir setiap tahun, kejadiannya diawal musim kemarau saat air di Kali Porong lagi surut,” Kata Suyono (49) warga Porong yang berjualan warkop diatas tanggul Kali Porong.

BACA JUGA :  Sebuah Motor Raib Digondol Maling, Saat Pemiliknya Halal Bihalal di Balonggabus Candi

Sebagian warga mengaku banyaknya ikan mabuk di Sungai Porong ini diduga akibat limbah. “Meskipun akibat limbah, banyak masyarakat yang senang dengan kejadian ini karena membawa berkah tersendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Indra (29) dan Anton (31) warga Ngoro yang mencari ikan mengatakan hasil tangkapannya bermacam-macam. Diantaranya, ikan Mujaer, ikan Rengkek, ikan Gabus, ikan Tawes dan ikan pelak. “Ikan-ikan ini nantinya kita jual. Kemungkinan laku 1,2 juta. Karena tahun lalu, laku 1 juta,” terangnya.(alf)