SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan

Di Lokasi TMMD Rejeni, Dandim 0816/ Sidoarjo bersama Dinas PPL melaksanakan Vaksin Hewan Ternak

 

(SIDOARJOterkini) – Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono berkunjung ke Lokasi TMMD yang ke 114 di Desa Rejeni Kecamatan Krembung, Kamis 28 Juli 2022.

Selain meninjau pengerjaan sarana dan prasaran yang dilaksanakan oleh Satgas, Dandim 0816 Sidoarjo bersama Dinas PPL Kabupaten Sidoarjo didampingi Danramil Krembung, Pasi Terdim 0816 Sidoarjo, Serta Kepala Rejeni melaksanakan pencegahan PMK pada ternak dengan menggelar vaksinasi hewan ternak sapi/ kambing milik masyarakat.

Komandan Kodim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono mengatakan, dengan maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, TNI bersama tim Dinas Peternakan Kabupaten Sidoarjo terus melaksanakan pemantauan dan pengecekan dengan mendatangi kandang kambing dan sapi di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo termasuk Desa Rejeni Krembung ini untuk mengecek kondisi ternak warga.

BACA JUGA :  Dihadapan Pendukungnya, Deltras FC Kalah 1-2 Saat Ujicoba Lawan Persipa Pati

“Kita berikan vaksin pada ternak milik warga dengan harapan hewan ternak aman dan tidak terpapar PMK,” Jelas Letkol Inf Masarum Djati Laksono.

Selain itu lanjut Dandim, pihaknya bersama instansi terkait juga memberikan himbauan
kepada masyarakat khususnya yang memiliki hewan ternak agar tetap menjaga kebersihan kandang, serta pemberian asupan makanan dan vitamin agar hewan ternak tetap sehat dan jauh dari penyakit.

BACA JUGA :  Kemenkumham Jatim Terbitkan Lima SKT Parpol Sejak 2020

“Bila ada tanda-tanda hewan terkena sakit yang menjurus ke wabah PMK agar segera melaporkan kepada dinas terkait, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan dan tidak menular kepada hewan ternak yang lain,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Satgas TMMD Kodim 0816 Sidoarjo Bersama Masyarakat Gelar Karya Bhakti

Sementara itu Mulyono pemilik ternak Desa Rejeni menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0816 Sidoarjo yang terus memantau kesehatan ternaknya.

“Semoga vaksin yang diberikan bisa menjadikan hewan ternak tidak terjangkit PMK,”ucapnya.

Setelah dilakukan pemantauan dan vaksinasi terhadap 20 ekor sapi dan 102 ekor kambing yang terdapat di wilayah Rejeni dinyatakan sehat. (cles)