SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Dewan Minta Dinkes dan Stakeholder Antisipasi Varian Baru Covid-19

 

(SIDOARJOterkini) – Angka Covid-19 di Sidoarjo mulai ada peningkatan. Hal tersebut harus segera diantisipasi sejak dini. Masyarakat diimbau tetap waspada dan harus menjaga protokol kesehatan.

Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Abdilah Nasih mengatakan, masyarakat tidak perlu panik berlebihan. Namun tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan. ”Juga dengan vaksin yang lengkap,” ujarnya.
Pihaknya meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo untuk kembali menggencarkan vaksinasi. Terutama untuk yang booster. Sebab persentasenya masih sedikit dibandingkan vaksin dosis pertama dan kedua.

Abdillah Nasih Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo

Menurut politikus PKB tersebut, saat ini mulai banyak kegiatan berkumpul digelar. Meski sempat diperbolehkan melepas masker, namun lebih baik tetap menggunakan masker saat berada di kerumunan. ”Untuk mencegah saja agar tidak tertular atau bahkan menularkan ke orang lain,” katanya.

BACA JUGA :  Kemenkumham Jatim Terbitkan Lima SKT Parpol Sejak 2020

Kemunculan kasus sub varian Omicron BA.4 dan BA.5 membuat pemerintah daerah harus waspada. Legislatif berharap pemerintah segera mengambil langkah yang diperlukan untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19. Mengingat saat ini Sidoarjo sedang dalam masa pemulihan ekonomi.

Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Bangun Winarso mengatakan, varian terbaru itu diperkirakan penularannya cepat. Karena sudah pernah menghadapi beberapa masa lonjakan kasus sebelumnya, dia berharap saat ini gerak antisipasinya lebih cepat.

Bangun Winarso Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo 

Dia menyebutkan, Pemkab Sidoarjo harus siaga melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan. Jangan sampai pemulihan ekonomi kembali terhambat karena kurang antisipasi. ”Kasihan nanti resto, warung, dan UMKM harus mengurangi kapasitas atau malah harus tutup,” katanya.

BACA JUGA :  Peringati Kemerdekaan RI ke 77, PWI Sidoarjo Dan Alfamart Gelar Baksos Untuk Veteran

Dia meminta pemkab tidak tutup mata terhadap kemungkinan ada lonjakan kasus Covid-19 ke depannya. Karena saat ini kegiatan sudah berjalan seperti keadaan normal. Jangan sampai karena sekarang seakan-akan semuanya sudah normal membuat pertahanan jadi lemah.

Menurut dia, salah satu antisipasi yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak lagi sentra vaksinasi penguat atau booster yang angka capaiannya belum optimal.

H Usman Ketua DPRD Sidoarjo

Ketua DPRD Sidoarjo Usman mendukung langkang Pemkab Sidoarjo untuk terus mengantisipasi adanya peningkatan Covid-19. Hal tersebut juga harus didukung semua stakeholder. Tidak hanya OPD saja tetapi juga masyarakat secara keseluruhan.

BACA JUGA :  Kemeriahan Peringatan HUT RI Ke 77 Prajurit Yonif 3 Marinir Bersama Masyarakat Desa Tambak Cemandi

“Mari menjaga kesehatan agar kondisi yang semakin membaik ini tidak kembali memburuk karena pandemi Covid-19. Vaksin booster juga harus digencarkan kembali,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Sidoarjo drg Syaf Satriawarman mengatakan, pihaknya mengimbau warga untuk tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab angka kematian akibat Covid-19 di Sidoarjo masih tergolong kecil.
Dia menjelaskan, dari sejumlah pasien Covid-19 yang menjalani rawat inap rata-rata memiliki penyakit bawaan. “Kita harus mengantisipasi bersama-sama,” tegasnya. (st-18)