SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020

Demokrat Usung Hadi Sutjipto-Kholik, BMD Pilih Dukung Saiful-Nur Achmad

image

BMD Sidoarjo dan elemen ormas lainnya yang mendukung Saiful-Nur Achmad.

(SIDOARJOterkini)-Nuansa dukung mendukung pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati Sidoarjo semakin kentara. Seperti yang terjadi di Demokrat yang mengusung Hadi Sutjipto-Abdul Kholik, ternyata organisasi sayapnya Barisan Massa Demokrat mengarahkan dukungannya ke pasangan Saiful Ilah-Nur Achmad Syaifudin.

Hal ini mengemuka seiring protes yang dilancarkan DPC BMD Sidoarjo. Salah satu organisasi sayap
Partai Demokrat ini menolak dimasukkan dalam tim pemenangan paslon
berjargon Sidoarjo Hatiku tersebut.

Ketua DPC BMD Sidoarjo Heru Satriyo mengaku keberatan BMD dimasukkan dalam jajaran tim pemenangan Hadi Sutjipto-Kholik. Masuknya BMD dalam struktur tim pemenangan Sidoarjo Hatiku menjadi alasan protesnya.

Heru juga mengakui jika dalam susunan pada seksi keamanan tim sukses Hadi Sutjipto-Kholik itu tertulis Barisan Muda Demokrat, bukan Barisan Massa Demokrat. “Tapi BMD yang dimaksud di susunan itu jelas Barisan Massa Demokrat. Karena dalam AD/ART tidak ada Barisan Muda Demokrat,” urainya.

BACA JUGA :  Dua Sepeda Motor Tabrakan di Depan SPBU Sidorejo Krian, Dua Orang Luka-luka

Susunan tim ini juga sudah didaftarkan ke KPU Sidoarjo. Padahal, selama ini pihaknya tak pernah sekali pun diajak berkomunikasi maupun bertemu dengan pihak Sidoarjo Hatiku. Nama organisasi sayap tersebut berada
di bawah sejumlah nama yang bersifat personal.

Untuk itulah, Heru yang didampingi Sekretaris DPC BMD Sidoarjo Rinto Januar, berancang-ancang membawa
masalah itu ke ranah hukum. Yakni melaporkannya ke Polda Jatim atau ke Polres Sidoarjo. “Kami akan melaporkan perbuatan ini sebagai tindak perbuatan tidak menyenangkan. Ini juga sebagai upaya pembelajaran beretika politik dan berdemokrasi secara sehat,” tegasnya.

Heru tak menampik, Partai Demokrat memang menjadi salah satu partai
pengusung paslon Hadi Sutjipto-Kholik. Namun itu bukan berarti sikap
BMD sebagai organisasi sayap, juga harus segaris.

BACA JUGA :  Ketua TP PKK Sidoarjo Serahkan Bantuan CSR ke Delapan Desa Finalis Sidoresik

BMD berhak menentukan sendiri orientasi politiknya, lantaran punya aturan main, platform dan planing sendiri. Jika sikap tersebut dianggap sebagai sebuah pembangkangan, Heru mengaku siap dipecat dari BMD
maupun Komandan Satgas Rajawali DPD Partai Demokrat Jatim yang kini juga disandangnya. “Saya siap dipecat,” tandasnya.

BMD juga menyatakan tegas tidak mendukung paslon Sidoarjo Hatiku dalam Pemilukada mendatang. Heru beranggapan, jalinan komunikasi dengan paslon ini sangat lemah. Bahkan secara
terang-terangan, pihaknya akan mendukung paslon Sidoarjo Bersinar atau
pasangan H Saiful Ilah-H Nur Ahmad Syaifudin.

Alasannya, dari empat paslon yang ada, yang bisa diajak komunikasi enak hanya Saiful Ilah. Bahkan, Saiful Ilah sudah menyatakan siap mewujudkan konsep-konsep pemberdayaan yang diajukan pihaknya. BMD Sidoarjo selama ini juga bergandengan dengan tiga elemen lain. Yaitu Forum Markas Besar Pemuda Pancasila (Mabes PP) Sidoarjo yang didukung 14 PAC, DPC Perhimpunan Pedagang Jalanan Indonesia (Pedalindo) Sidoarjo yang beranggotakan sekitar 12 ribu PKL dan Forum Pembantu Pembina Keluarga Berencana (FPPKBD) dan Sub PPKBD se-Sidoarjo.

BACA JUGA :  Cegah Penyebaran Covid-19, Babinsa Koramil Taman Himbau Warga Terapkan Prokes

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Sidoarjo H Sarto ST MH mengaku menghargai sikap politik BMD Sidoarjo. Ia mengatakan, meski sebagai organisasi sayap, BMD boleh memiliki sikap sendiri. Pihaknya tidak
bisa ikut campur atau melakukan intervensi. “Kita berdiri sendiri-sendiri. Yang jelas, sebagai partai pengusung kami harus mengamankan dan berjuang keras untuk memenangkan pasangan Hadi Sutjipto-Kholik dalam Pemilukada mendatang,” tegasnya.(st-12)