SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pilbup Sidoarjo 2020

Deklarasi, Koalisi Enam Parpol Buka Pendaftaran Cabup-cawabup

image

(SIDOARJOterkini)- Setelah resmi berkoalisi, enam parpol, yakni PDIP, PAN, Golkar, PBB, Nasdem dan PPP langsung akan menggelar deklarasi, Rabu (3/6/2015). Meski demikian, masih terbuka bagi parpol lain untuk bergabung di koalisi ini.

Koalisi juga langsung tancap gas membuka pendaftaran cabup-cawabup. Pendaftaran akan dibuka dalam sepekan kedepan.

Lalu bagaimana dengan parpol, seperti PDIP yang sudah melakukan penjaringan cabup-cawabup?.Imam Sugiri mengaku jika sudah diputuskan bersama, cabup-cawabup yang sudah terlebih dulu mendaftar ke PDIP akan digabung dalam cabu-cawabup koalisi.

BACA JUGA :  Kuliner Baru Mie Gragas Siap Saingi Gacoan

Dari enam parpol itu yang sudah membuka pendaftaran cabup-cawabup baru PDIP. PDIP sudah menjaring cabup dan satu nama yang diajukan ke DPP PDIP, yakni Abdul Kolik.

Meski sudah ada enam parpol atau 23 kursi di DPRD Sidoarjo yang berkoalisi, namun masih terbuka untuk parpol lain berkoalisi. Dengan demikian, nantinya diharapkan koalisi bisa memenangkan Pilkada.

Dengan adanya koalisi parpol besar ini, diyakini nanti bisa membendung cabup incumben Saiful Ilah yang akan diusung PKB. Selama ini PKB terlalu percaya diri karena bisa mengusung cabup-cawabup sendiri dan memenangkan Pilkada Sidoarjo.

BACA JUGA :  Pemotor Alami Patah Kaki Terserempet Pick up di Jalan Watugolong Krian

Ketua DPD Golkar Sidoarjo Warih Andono mengatakan, setelah terbentuknya koalisi parpol ini tinggal menentukan sekretariatnya dan panitia penjaringan cabup-cawabup. “Masing-masing parpol langsung menggerakkan mesin politiknya untuk memenangkan cabup-cawabup yang nantinya akan diusung koalisi,” tandasnya.

Setelah enam parpol ini berkoalisi, masih ada empat parpol yang masih sendiri. Temasuk PKB dengan 13 kursi di DPRD Sidoarjo memang kursinya sudah mengusung sendiri cabup-cawabup.

BACA JUGA :  Pencuri di Sukodono Berhasil Kabur Dengan Ledakkan Bom Bondet Saat Ditangkap Warga

Tiga lainnya, Partai Gerindra 7 kursi sudah melakukan penjaringan cabup-cawabup sendiri. Partai Demokrat denfan 4 kursi juga sudah membuka pendaftaran cabup-cawabup.

Dan terakhir PKS dengan 3 kursi belum bersikap koalisi dengan parpol manapun. Termasuk belum melakukan penjaringan cabup-cawabup. (st-12)