SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Daya Tampung Sampah di TPA Jabon Mendekati Over Load

 

(SIDOARJOterkini) – Kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Kecamatan Jabon sudah mencapai 92 persen. Artinya hanya sisa 8 persen. Jika tidak segera dicarikan solusi, tentu ini menjadi masalah di kemudian hari.

Pj. Bupati Sidoarjo, Hudiyono saat berkunjung di TPA Sampah di Jabon memberikan arahan kepada petugas di TPA tersebut. Pihaknya meminta petugas untuk bekerja lebih maksimal lagi. Jangan sampai over load.

“Kami meminta kepada teman-teman yang bertugas disini untuk bekerja lebih giat lagi. Jangan sampai TPA itu overload sebelum sanitary landfill beroperasi,” Katanya saat berkunjung ke TPA Jabon bersama Kepala DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) Sigit Setyawan. Kemarin, 13 November 2020.

BACA JUGA :  PAC PDI Perjuangan Tanggulangin Dan DPC Taruna Merah Putih Berbagi Ramadhan Peduli

Pembangunan Sanitary Landfill sendiri saat sudah mencapai 95 persen, dan ditargetkan dapat beroperasi pada 2021.

Area pengolahan sampah itu dibagi dua jenis. Composting, untuk sampah hijau yang diolah menjadi pupuk kompos. Seperti sampah bekas sayur dan sebagainya. Kapasitas kompostingnya bisa 35 ton perhari.

BACA JUGA :  Ciptakan Ketenangan Masyarakat, MUI Siap Bersinergi Dengan Polsek Krembung

Kemudian ada shorting, berfungsi memilah sampah plastik. Kapasitasnya mencapi 15 ton perhari. Ada juga Leachete yang berfungsi memfilter air lindi atau air sampah untuk diolah agar baku mutunya terkontrol dan air bisa dibuang ke sungai.

BACA JUGA :  Kapolresta Sidoarjo Peduli Anggota Sakit

“Sanitary landfill ini berada di area seluas 8 hektar. Tahun 2021 besok mulai dioperasikan,” ungkap Cak hud.

Setelah Sanitary Landfill beroperasi TPA Sampah Jabon akan di tutup. Dan akan dijadikan area taman oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Area TPA yang sudah tidak berfungsi, ke depan akan kita jadikan taman,” pungkasnya (pung/cles).