SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Dari 77 Pilkades Serentak, Dua Bermasalah Tak Ikut Dilantik Bupati

IMG-20160726-WA0025

(SIDOARJOterkini) – Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah melantik 75 Kepala Desa periode 2016-2022 di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Selasa (26/07/2016). Dalam pelantikan ini, ada dua kepala desa yang gagal dilantik lantaran masih bermasalah yakni Desa Medaeng, Kecamatan Waru dan Desa Kedungrejo, Kecamatan Jabon.

Abah Ipul, sapaan akrab Saiful Ilah mengatakan, Desa medaeng mengalami permasalahan lantaran dugaan penggelembungan suara. sedangkan Desa Kedungrejo mengalami masalah terkait dugaan kesalahan administrasi salah satu calon yang dianggap bermasalah.

BACA JUGA :  Call Center 112 Menjadi Solusi Bagi Warga Sidoarjo Jika Lampu PJU Mati

“Sebenarnya ada 77 Kepala Desa yang dilantik hari ini. Namun ada dua desa yang bermasalah,” terang Saiful Ilah, Bupati Sidoarjo usai menggelar acara pelantikan.

Terkait dua kepala desa yang bermasalah tersebut, Abah Ipul terpaksa batal melantik kepala desa Medaeng dan Kedungrejo dan menyerahkan secara penuh permasalahan itu kepada pengadilan. “Supaya selesai dulu dipengadilan,”terangnya.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Pantau Wilayah Banjir di Desa Kalisampurno

Dirinya menambahkan bahwa orang nomer satu di Sidoarjo ini sangat mengapresiasi. Dirinya berencana, pemilihan 66 Kepala Desa di tahun 2018 dan Pemilihan 179 Kepala Desa ditahun 2020 nanti bisa dilantik secara serentak pula.

BACA JUGA :  Pemotor Alami Luka Serius Usai Terjepit Dua Truk di Simpang 5 Bypass Balongbendo

Sementara itu, Saiful berharap kepada 75 Kepala Desa yang baru dilantik tersebut, bisa memegang teguh amanah dalam menjalankan kewajibannya, terutama menentukan kebijakan demi terselenggaranya pembangunan di desa. “Dana desa nantikan dapat. Jadi untuk dikelola dan jangan disalah gunakan. tapi nanti kan ada laporan pertanggung jawabannya dan itu akan di audit oleh inspektorat,” pungkasnya.(alf)