SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Dapat Piala Adipura Kirana, Pemkab Sidoarjo Akan Perbanyak TPST

IMG_0869
(SIDOARJOterkini)- Selama enam tahun berturut-turut Kabupaten Sidoarjo meraih penghargaan Adipura. Kali ini meraib Adipura Kirana yang merupakan penghargaan dibidang lingkungan.

Piala Adipura itu dikirab keliling Kota Sidoarjo oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan dan pejabat di lingkungan Pemkab Sidoarjo serta warga Sidoarjo, Senin (26-7-2016) pagi.

Kirab di mulai di depan paseban Alun-alun Sidoarjo Jalan Cokronegoro menuju Jalan A.Yani, Jalan Untung Suropati sampai Jalan Sunandar Priyo Sudarmo atau Pasar Larangan. Kemudian, Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, piala Adipura dikirab melewati Jalan Pahlawan dan memutari tugu Adipura di depan Perumahan Taman Pinang Indah dan kembali ke paseban Alun-alun Sidoarjo.

BACA JUGA :  Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Panen Perdana Padi Varitas HMS.700 di Desa Gempolklutuk

Selama melewati jalan-​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​jalan protokol Sidoarjo, piala Adipura disambut gembira oleh para pelajar. Mulai siswa SD sampai SMA berjajar dipinggir jalan untuk menyambut keberhasilan Kabupaten Sidoarjo meraih piala Adipura.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengaku bersyukur karena meraih penghargaan Adipura Kirana. “Keberhasilan ini dicapai berkat dukungan semua pihak, terutama peran serta partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Saiful Ilah menambahkan, penilaian penghargaan Adipura Kirana dititik beratkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism and investment yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup. Tahun ini Kabupaten Sidoarjo telah mempunyai dua Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) yang berbasis 3R (Reduse, Reuse, Recycle). Yakni TPST Kawasan Bhakti Bumi I yang ada di Desa Rangkah Kidul dan TPST Bhakti Bumi II berada di Desa Banjar Bendo.

BACA JUGA :  Sebuah Motor Raib Digondol Maling, Saat Pemiliknya Halal Bihalal di Balonggabus Candi

Dibangunnya TPST tersebut guna menanggulangi permasalahan sampah di Sidoarjo. “Tujuan dibangunnya TPST ini adalah untuk membudayakan hidup bersih, dengan langkah 3R, selain itu juga sebagai sebagai tempat rekreasi dan pembelajaran,” ujar Saiful Ilah.

TPST di Kabupaten Sidoarjo sendiri berfungsi sebagai tempat pengelolaan sampah tuntas di tempat. Artinya tidak ada lagi sampah yang harus dibuang dan menumpuk di Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) sampah. Selain itu pembangunan TPST dapat dimanfaatkan sebagai tempat edukasi lingkungan dan wisata lingkungan.

BACA JUGA :  Pererat Silaturahmi, Danramil 0816/11 Tarik Hadiri Halal Bihalal Bersama Forpimka

Tahun depan, Pemkab Sidoarjo akan membangun TPST di 6 titik. “Target kita disetiap kecamatan ada pengelolaan sampah teerpadu. Dengan demikian akan mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA,” ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo, Bahrul Amig.

Bahrul Amig menambahkan, pihaknya terus berfikir bagaimana agar pengelolaan sampah di Sidoarjo bisa menekan volume sampah. Namun, disisi lain bisa menumbuhkan perekonomian. Salah satunya dengan memilah sampah di TPST, baru sampah yang tidak bisa dimanfaatkan akan dibuang ke TPA.(st-12)