SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Danramil Taman Dampingi Tim Penilai Lomba Kampung Pancasila di Kelurahan Geluran

 

Danramil Taman Kapten Arm Yas’an saat memberikan sambutan

(SIDOARJOterkini) – Komandan Koramil 14 Taman Kodim 0816 Sidoarjo Kapten Arm Yas’an mendampingi team penilai lomba kampung Pancasila Kodim 0816 Sidoarjo di kelurahan Geluran kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo, Rabu 16 Maret 2022.

Tim penilai lomba Kampung Pancasila yang dipimpin Pasi Ter Kodim 0816 Sidoarjo Kapten Inf Kamsuri disambut Kepala Kelurahan Geluran Suyadi bersama Danramil Taman Kapten Arm Yas’an, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta tokoh masyarakat.

Kepala Kelurahan Geluran Suyadi mengucapkan selamat datang kepada tim penilai lomba Kampung Pancasila dari Kodim Sidoarjo. Dirinya berharap kelurahan yang dipimpinnya bisa menang dalam lomba tersebut.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Hadiri Pelantikan PAC Fatayat NU

“Dengan keberagaman baik agama dan budaya yang ada di kelurahan Geluran bisa hidup rukun berdampingan serta bertoleransi yang sesuai dengan pengamalan Pancasila, bisa menjadikan penilain tersendiri bagi tim, untuk memenangkan Kelurahan Geluran,”ujarnya.

Sementara itu Danramil Taman Kapten Arm Yas’an mengapresiasi Lurah Geluran yang bersedia wilayahnya sebagai perwakilan kecamatan Taman dalam penilaian kampung Pancasila yang merupakan inisiasi dari Kodim Sidoarjo.

Menurut Kapten Arm Yas’an, dengan Lomba Kampung Pancasila, diharapkan generasi milenial bisa lebih memahami dan mengamalkan Pancasila.

“Perlu ada keterlibatan dan kesadaran masyarakat sangat penting, ketika kita mengamalkan Pancasila”, ujarnya.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Dampingi Penyaluran BLT-DD Mojorengagung

Disampaikan Danramil, apa yang sudah ada di Kelurahan Geluran Bawah saat ini, pengamalan Pancasila harus ditingkatkan. Sebab menanamkan mindset Pancasilais memang membutuhkan waktu yang tidak singkat.

“Dibutuhkan kerja sama dan transfer pengetahuan atau pembiasaan perilaku sejak dini yang di dalamnya terkait bagaimana orang tua menjadi panutan bagi anak-anak dalam mengamalkan Pancasila “, kata Kapten Arm Yas’an.

“Jadilah smart citizen, di mana masyarakat harus aktif terlibat dalam pembangunan. Kampung Pancasila ini merupakan manifestasi dari pelibatan masyarakat itu, khususnya dalam menjalankan kehidupan ber Pancasila”, lanjut dia.

BACA JUGA :  Kanwil Kemenkumham Jatim Apresiasi Perhatian Kak Seto Kepada Warga Binaan Rutan Perempuan yang Baru Melahirkan

Selain itu, upaya yang dilakukan saat ini merupakan investasi jangka panjang. Bagaimana menyiapkan anak-anak kita sadar cinta tanah air dan mengamalkan Pancasila untuk Indonesia semakin maju, sehingga diperlukan kesabaran dan konsistensi dari kita semua.

“Kolaborasi dengan stakeholder terkait sangat dibutuhkan. karena dimasa ini, pembangunan tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh aparat atau birokrat saja, melainkan koordinasi dan sinergi dari seluruh pihak sangat dibutuhkan demi menunjang setiap program-program pembangunan”, tutup Kapten Arm Yas’an.(cles)