SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Kodim 0816 Sidoarjo Politik & Pemerintahan

Danramil 0816/16 Waru Hadiri Acara Pembuatan 27.000 Lubang Serapan Biopori Pada HUT Korpri Ke-52

 


SIDOARJOterkini – Hari jadi Korpri Ke – 52 diperingati dengan pembuatan 27.000 lubang serapan biopori. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan jajaran Forkopimda yang didampingi Danramil 0816/16 Waru Kapten Arm Yas’an, di Desa Tropodo Kecamatan Waru, Selasa 28 November 2023.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menyampaikan bahwa gerakan ini sebagai aksi nyata dari ASN Pemkab Sidoarjo peduli lingkungan. Salah satunya antisipasi minimalisir banjir dan mengurangi sampah organik rumah dan perkantoran.

BACA JUGA :  Petugas PPS Desa Lebo Meninggal Dunia, Bupati Sidoarjo Berikan Santunan kepada Keluarga¬†

“Pembuatan lubang resapan biopori dapat memberikan beberapa manfaat seperti mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, membantu mencegah banjir dan genangan air hujan serta meningkatkan penyerapan air tanah,” terang Bupati Muhdlor.

Lubang biopori dibuat dengan diameter minimal 10-30 cm. Adapun kedalamannya minimal 50 – 120 cm. Selain berfungsi sebagai resapan, biopori juga berfungsi mengurangi sampah organik rumah tangga dan perkantoran.

Sementara itu Danramil 0816/16 Waru Kapten Arm Yas’an mengatakan pentingnya peran setiap individu dalam menjaga kelestarian lingkungan. Menurutnya, harus ada kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan aparat keamanan dalam upaya pelestarian lingkungan.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Dampingi BPKAD Sidoarjo Lakukan Inspeksi di Desa Boro

“Pembuatan 27.000 lubang serapan biopori ini dengan melibatkan partisipasi aktif dari berbagai elemen, termasuk anggota Korpri dan masyarakat sekitar,”ungkapnya.

Kapten Arm Yas’an menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Forkopimda dan seluruh peserta acara atas partisipasi dan kerjasama dalam kegiatan tersebut.

“Semoga kegiatan seperti ini Beliau dapat menjadi contoh inspiratif bagi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim,”tandasnya. (cles)