SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa

Danramil 0816/05 Tulangan Peduli Giat Vaksin Cegah PMK di Wilayah Teritorialnya

 


(SIDOARJOterkini) – Kodim 0816 Sidoarjo terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran mulut dan kuku (PMK) dengan melaksanakan pendampingan vaksinasi terhadap ternak sapi milik warga di wilayah binaannya.

Hal tersebut seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan, yang senantiasa mendampingi petugas kesehatan hewan melakukan vaksin PMK pada ternak serta memberikan sosialisasi kepada warga.

“Selaku Babinsa, kami wajib ikut berperan dalam upaya pencegahan menyebarnya virus PMK pada ternak warga di wilayah binaan,”ungkap Pelda Marjuki, Babinsa Koramil Tulangan.

BACA JUGA :  Tim Research SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Borong 4 Juara Internasional di Malaysia

Selain itu, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada warga pemilik ternak untuk selalu menjaga kebersihan ternak dan kandangnya serta langkah apa yang harus diambil apabila mendapati ternaknya mengalami sakit.

“Seperti memisahkan ternak sapi yang terjangkit dengan lainnya dan dikarantina serta segera menghubungi instansi terkait agar dilakukan tindakan lebih lanjut,”ujarnya.

BACA JUGA :  Danramill 0816/06 Tanggulangin Bersama Forkopimka Peringati HUT TNI Ke - 77

Sementara itu Danramil 0816/05 Kapten Inf Moh Said menegaskan, anggota Babinsa harus terus memantau perkembangan kesehatan ternak di wilayah binaannya, seiring tengah merebaknya penyakit Mulut dan Kuku terhadap ternak sapi.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Dampingi Vaksinasi Booster Pada Masyarakat

“Dengan begitu akan ada tindakan cepat apabila menemukan gejala-gejala PMK pada ternak warga,”ucapnya.

Selain itu dirinya berpesan kepada para pemilik ternak sapi, untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan ternak miliknya serta menjaga pola makannya.

“Segera beritahu Babinsa atau instansi terkait apabila mendapati ternak sapinya mengalami hal yang mencurigakan seperti PMK,”tandasnya. (cles)