SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Danramil 0816/01 Sidoarjo Kota : Tingkatkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat Melalui Binter

 

Pjs Danramil 0816/01 Sidoarjo Kota Kapten Chb Kamsuri saat memberikan materi Binter

(SIDOARJOterkini) – Sebanyak 40 Perangkat desa/kelurahan se Kecamatan Sidoarjo Kota mengikuti kegiatan Pembinaan Teritorial yang disampaikan oleh Pjs Danramil 0816/01 Kota dengan dihadiri Camat Sidoarjo Kota dan Wakapolsek Kota, di aula Kantor Kecamatan Sidoarjo Kota Rabu 30 Maret 2022.

Pada kesempatan tersebut Camat Sidoarjo Kota Gundari mengatakan, pengetahuan pembinaan teritorial ini sangat penting untuk diketahui agar kedepannya bisa lebih sinergi karena tugas TNI selain perang adalah melaksanakan operasi militer selain perang untuk membantu pemerintah daerah dalam menjalankan tugas.

“Untuk hal itulah saya mengajak para perangkat desa untuk mengikuti dan belajar dari apa yang disampaikan oleh Danramil Sidoarjo kota tentang pembinaan teritorial,”ucapnya.

Sementara itu Pjs. Danramil 0816/01 Sidoarjo Kota Kapten Chb Kamsuri menjelaskan, tugas pokok TNI sesuai UU RI No. 14 Th. 2014 tentang TNI antara lain : Operasi Militer Perang (OMP) berdasarkan keputusan politik negara, Operasi Militer Selain Perang (OMSP), salah satunya membantu Pemda dalam bentuk pembinaan teritorial. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang pengertian Binter dan tujuan Binter sehingga terbentuk kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Disini saya akan menjelaskan tentang Metode Binter dan memberikan contoh aplikasi di lapangan dengan cara komunikasi sosial, bentuk Bakti TNI ke masyarakat dan pembinaan ketahanan wilayah. Maka disinilah letak profesionalisme prajurit TNI AD, yaitu mampu menciptakan sinergitas dengan rakyat dalam bingkai Kemanunggalan TNI-Rakyat.” Tutur Kapten Chb Kamsuri.

BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Singkalan Balongbendo, 1 Pengendara Luka Serius
BACA JUGA :  Wanita Muda Patah Kaki, Setelah Motornya Tergelincir di Jalan Wonokupang Balongbendo

Pada waktu sesi tanya Jawab, Terdapat pertanyaan dan saran dari Kasi Pemerintahan Desa Celep agar materi tentang Pembinaan Teritorial agar bisa disampaikan secara langsung ke masyarakat pada saat dikumpulkan di masing-masing balai desa/balai kelurahan agar lebih di mengerti dan dipahami secara langsung oleh masyarakat tentang peran TNI di kewilayahan.

Kapten Chb Kamsuri pun menjelaskan, “Aparat komando kewilayahan dituntut memahami dan menguasai benar hal-hal apa saja yang berhubungan dengan pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter), sehingga mampu menjalankan tugas sebaik mungkin di lapangan.”

“Oleh karena itu, Dalam Penerapan pembinaan Teritorial kepada masyarakat seharusnya dimulai dari personel/Babinsa yang tentunya harus mengerti dan paham tentang kemampuan dan metode Binter yang meliputi kegiatan komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah dan bakti TNI serta mampu mengaplikasikan sistem perencanaan dan pengendalian di tingkat Kodim dan ketatalaksanaan Binter di tingkat Koramil. Aparat Komando kewilayahan harus bisa mengedepankan sikap gotong royong, tidak melanggar norma agama, adat dan hukum, penyesuaian diri serta menyatu dengan rakyat, sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat berjalan wajar dan tumbuh secara sukarela. Mampu sebagai penengah apabila ada permasalahan di wilayah binaan,” Ujar Danramil 01/Sidoarjo Kota.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Jenguk Balita Tanpa Anus dan Pengidap Down Syndrome di Wilayut Sukodono

“Harapan kita kedepan sinergitas yang terjalin dari kegiatan Binter ini dapat mengoptimalkan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan TNI kuat bersama rakyat,” pungkasnya.(cles)