SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Hukum & Kriminal Indeks

Danpuspenerbal Juanda Laksanakan Panen Perdana Pisang Cavendish Kualitas Ekspor

 

Danpuspenerbal Juanda Laksda Dwika Tjahja Setiawan  saat melaksanakan panen perdana pisang Cavendish

(SIDOARJOterkini) – Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNI Dwika Tjahja Setiawan pimpin acara panen perdana ladang pisang cavendish kualitas ekspor siap kirim, Selasa 07 Juni 2022.

Pada kesempatan tersebut Danpuspenerbal didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny. Anna Dwika, Inspektur Puspenerbal, para Direktur Puspenerbal, Danlanudal Juanda, Danwing Udara 2, Dankolat Penerbal, Keprimkopal dan pengurus Jalasenastri Gabungan Puspenerbal.

Panen yang dilakukan pagi tadi, digelar diatas lahan seluas 3,5 hektare di dalam Pangkalan Udara TNI AL Juanda, yang terbagi dalam 8 Blok. Kebun pisang cavendish super tersebut saat ini dikelola oleh Unit Lahan Primkopal Juanda.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Pantau Festival Anak Sawah di Kampung Lali Gadget Pagerngumbuk

Dalam keterangannya, Laksda Dwika menjelaskan jika apa yang pihaknya lakukan saat ini adalah sebagai pemanfaatan lahan di Lanudal Juanda yang awalnya dinilai kurang produktif.

“Penanaman bibit dilakukan pada bulan Maret 2020 sebagai usaha ketahanan pangan Primkopal Juanda di masa Pandemi Covid-19 sekaligus pemanfaatan lahan di Lanudal Juanda yang kurang produktif, dan ditanam sebanyak kurang lebih 5000 pohon saat ini,” terang Laksda Dwika.

BACA JUGA :  Setoran PPS Kanwil DJP Jatim II Tembus Rp1,25 Triliun

Dirinya memaparkan jika terdapat kendala yang dihadapi dalam merawat lahan pisang cavendish tersebut salah satunya adalah cuaca panas yang mengakibatkan daun mengering dan merambat ke batang buah sehingga mempengaruhi produktifitas tanaman.

Tidak hanya itu, perawatan yang dilakukan oleh pihaknya hingga dipanen hari ini telah dilakukan sejak 2 tahun lalu.

BACA JUGA :  Ibu Muda yang Gadaikan BPKB Motor Mertua Divonis Hakim 5 Bulan Penjara Dengan Masa Percobaan 10 Bulan

“Satu tandan pisang terdiri dari 6-7 cengkeh dengan berat 12 kg,  untuk buah yang lebih besar bisa sampai 8-10 cengkeh dengan berat  16-17 kg, dan hasil panen akan kita jual ke penyuplai dengan harga Rp.3000–Rp.4000 per kilogram,” tutup Danpuspenerbal. (cles)