SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Kodim 0816 Sidoarjo Politik & Pemerintahan

Dandim 0816 Sidoarjo Paparkan Keberhasilan Program Rutilahu Saat Rakor Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman

 

SIDOARJOterkini – Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Provinsi Jawa Timur mengapresiasi Kodim 0816 Sidoarjo atas keberhasilannya dalam menjalankan Program Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) 2023.

Dalam pelaksanaannya, Kodim 0816 Sidoarjo berhasil mengolah data Rutilahu yang terintegrasi dengan Dinas Perumahan, Pemukiman, Tata Ruang dan Cipta Karya Kab. Sidoarjo. Atas keberhasilan tersebut, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo diminta untuk menjadi narasumber pada rapat koordinasi (Rakor) yang digelar di Hotel Santika Surabaya, 28 November 2023.

Dalam Rakor yang dihadiri OPD, Bappeda dan PU Cipta Karya Kabupaten Se Provinsi Jawa Timur serta Pasiter dan Batiter jajaran Kodam V/Brawijaya, Dandim 0816 Sidoarjo menyampaikan pentingnya kerjasama lintas sektor untuk mencapai target pembangunan perumahan yang berkualitas bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA :  Banjir di Kecamatan Porong Surut, Bupati Muhdlor Segera Perbaiki Jalan Desa yang Rusak

“Kodim Sidoarjo berkomitmen untuk menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas hidup melalui program masyarakat rumah tinggal layak huni,”tegasnya.

Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo juga menyoroti perlunya sinergi antara pemerintah daerah, instansi terkait dalam mencapai tujuan masyarakat tersebut. Dirinya menggarisbawahi pentingnya koordinasi yang baik antara semua pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, pengembang perumahan, dan masyarakat, agar target pembangunan perumahan yang berkualitas dapat tercapai.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Instruksikan Camat, Kades dan Lurah Kerja Bakti Massal Bersihkan Gorong-gorong Saluran Air

“Koordinasi antar stakeholder harus dilakukan untuk menjadikan target pembangunan perumahan bagi masyarakat yang lebih berkualitas,”tuturnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kimpraswil Bappeda Provinsi Jawa Timur Sri Muti’atun Sintawati ST., MMT menyampaikan bahwa pelaksanaan RUTILAHU yang dilaksanakan oleh Kodim 0816/Sidoarjo sangat inspiratif, karena dalam pelaksanaannya Kodim 0816/Sidoarjo bersama PU Cipta Karya Kabupaten Sidoarjo telah memetakan lokasi mana yang harus dikerjakan oleh TNI dan mana yang harus dikerjakan oleh Pemda.

“Hal ini menunjukkan bahwa Kodim 0816/Sidoarjo dalam melaksanakan RUTILAHU benar-benar terkoordinasi dengan baik, hal ini lah yang harus dicontoh oleh Kabupaten lainnya, bahwa koordinasi sangatlah penting dalam menentukan sebuah keberhasilan tugas,”tandasnya. (cles)