SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Kodim 0816 Sidoarjo

Dandim 0816 Sidoarjo Berikan Pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara 

 

Foto : Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo saat menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan

SIDOARJOterkini – Komandan Kodim 0816/Sidoarjo Letnan Kolonel Inf Guntung Dwi Prasetyo bersama Anggota Staf Terdim 0816/Sidoarjo memberikan pembekalan materi wawasan kebangsaan dan bela negara yang bertemakan “Meningkatkan wawasan kebangsaan dalam mewujudkan rasa Bela Negara” kepada Pimpinan beserta 30 orang Staf PT Propan Raya yang bertempat di ruang meeting PT Propan Raya Jalan Raya Buduran Desa Banjarkemantren Kecamatan Buduran. Sabtu, 9/12/2023.

Kehadiran Dandim 0816/Sidoarjo disambut oleh Manager Industri PT Propan Raya Agus Dwi Purnomo. Beliau menyampaikan bahwa perusahaan asli Indonesia ini memerlukan pembekalan oleh TNI karena sebagai warga Indonesia harus bangga dan cinta terhadap Bangsa kita sendiri, dengan pembekalan wawasan kebangsaan diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap perusahaan asli Indonesia.” tuturnya.

BACA JUGA :  Didukung Kementerian PAN RB, Inovasi Kopi Pahit Siap Diaplikasikan Ke Seluruh Puskesmas Sidoarjo

Dandim 0816 Sidoarjo menyampaikan, kemajemukan bangsa Indonesia harus dipandang dan didasari sebagai modal positif namun pada kenyataannya banyak terjadi berbagai macam ancaman baik paham radikal, human trafficking, gejolak keamanan di beberapa daerah, pergeseran kultur, penyesatan, konflik, diskriminasi dan penindasan politik, yang harus dilakukan antisipasi agar tidak terjadi.

“Dalam hubungan internasional Indonesia adalah negara Non Blok dan harus berdiri di atas kaki sendiri dan bukan seperti beberapa negara tetangga yang bisa meminta bantuan kepada negara lain apabila terjadi perang. Bagaimana peran masyarakat dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara, butuh kepedulian bagaimana kita mempunyai kepekaan dan dapat mendeteksi lingkungan  dan mampu  mengantisipasi dan siaga serta dapat menyiapkan diri dalam menghadapi berbagai ancaman, penyalahgunaan media sosial seringkali menjadi sarana provokasi, pengalihan isu, pembunuhan karakter, serta memberikan statement yang kita tidak tahu apa yang terjadi sebenarnya, hal itu dapat memecah belah kesatuan Bangsa,
Wawasan kebangsaan adalah suatu cara pandang kita melihat kondisi bangsa dan negara kita sehingga kita mempunyai rasa cinta kepada Negara Indonesia.” jelasnya.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/04 Porong Terlibat Aktif Dalam Pelaksanaan Program Sub PIN Polio di Desa Binaan

Dandim menambahkan, dirinya bangga di PT Propan Raya mempunyai lagu Mars semoga bukan hanya sebuah lagu tapi hal itu diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kecintaan terhadap perusahaan tempat kita bekerja.” Tambahnya.

Batiter Kodim 0816 Sidoarjo Pelda Sutrisno juga menyumbangkan ilmu pengetahuan tentang materi wawasan kebangsaan dan bela negara dengan memberikan kontribusi berharga dengan menyelenggarakan sesi wawasan kebangsaan dan bela negara. Materi yang disampaikan bertujuan untuk memperkuat semangat cinta tanah air dan memperdalam pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila. Kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan rasa kebangsaan di kalangan masyarakat.

BACA JUGA :  Didukung Kementerian PAN RB, Inovasi Kopi Pahit Siap Diaplikasikan Ke Seluruh Puskesmas Sidoarjo

“Pancasila yang merupakan dasar Negara Indonesia mengandung nilai-nilai yang sangat dalam yang tidak dimiliki oleh negara-negara di seluruh dunia, Pancasila telah mengatur bagaimana cara ber-Tuhan, cara berkomunikasi, cara bernegara, cara memecahkan masalah, yang terakhir bagaimana tujuan bersama.” pungkasnya.(cles)