SIDOARJO TERKINI
Ekbis Headline Indeks

Dana Bergulir Untuk UMKM Capai Rp 58 M

Bupati sidoarjo Saiful Ilah saat memberikan dana bergulir kepada pelaku usaha
Bupati sidoarjo Saiful Ilah saat memberikan dana bergulir kepada pelaku usaha

(SIDOARJOterkini)- Tahun 2014 ini, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berikan dana bergulir sebesar Rp 5.907.000.000 kepada 396 UMKM serta 8 koperasi di Sidoarjo. Menandai diberikannya, secara simbolis Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum menyerahkannya dalam acara Penandatanganan Akad Kredit Dana Bergulir bagi UMKM dan Koperasi di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (25/11).

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap dana bergulir tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam meningkatkan usaha ekonomi. Dengan adanya pinjaman tersebut ia berharap akan mampu menumbuhkan UMKM yang dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Sidoarjo. Sehingga pada akhirnya dapat membantu pemerintah daerah mengurangi angka kemiskinan.

 

“Dengan adanya pinjaman tambahan modal ini, diharapkan akan dapat meningkatkan usaha ekonomi, yang pada akhirnya dapat menciptakan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

BACA JUGA :  Dua Pemotor Terlibat Tabrakan di Jalan Raya Suwaluh Balongbendo, Satu Pemotor Luka Serius

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan bahwa pinjaman yang diberikan kali ini bukanlah dana hibah yang diberikan oleh pemerintah. Tetapi dana tersebut merupakan dana pinjaman bergulir yang harus ada pengembalian. Untuk itu ia meminta kepada para penerima pinjaman hendaknya dapat mengelola pinjaman tersebut dengan baik dan benar-benar akuntabel dan kredibel dalam pengelolaannya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa realisasi Akad Kredit merupakan wujud konsistensi dan komitmen Pemkab Sidoarjo untuk terus melaksanakan pembangunan yang berpihak pada pro poor, pro growth dan pro jo. Melalui Program Perkuatan Permodalan Dana Bergulir bagi UMKM dan Koperasi, upaya pemberdayaan dan pengembangan UMKM dan Koperasi dapat terus dilakukan.

BACA JUGA :  Satu Santri Ponpes Manbaul Hikam Tanggulangin Tewas Dikeroyok Hanya Karena Salah Paham

 

Makin nyatanya konsistensi dan komitmen Pemkab Sidoarjo dibuktikan dengan kebijakan pemberian pinjaman kredit dana bergulir tanpa agunan. Pinjaman maksimal Rp. 10.000.000 diberikan kepada pelaku UMKM tanpa jaminan. Sedangkan untuk pengembangan UMKM dan Koperasi dengan nilai di atas Rp 10.000.000, diberikan kebijakan agunan hanya 30 persen dari total pinjaman. Untuk UMKM pinjaman maksimal sebesar Rp 50.000.00 sedangkan untuk Koperasi pinjaman maksimal yang diberikan sebesar Rp 100.000.000.

 

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati, SKM, M.Kes mengatakan anggaran pemberian dana bergulir tiap tahunnya terus meningkat. Diawal pemberiannya tahun 2002, hanya Rp 504 juta yang disalurkan. Sekarang sudah mencapai diatas Rp 7 milyar.

BACA JUGA :  Cegah Pungli PTSL, Wabup Sidoarjo Intruksikan Hal Berikut Kepada Para Kades

 

Dan secara keseluruhan dari tahun 2002 sampai sekarang, dana bergulir yang diberikan Pemkab Sidoarjo mencapai Rp 58.047.500.000. Sampai dengan tahun ini, sebanyak 5.481 UMKM dan 233 Koperasi mendapatkan fasilitas pinjaman kredit dana bergulir dari Pemkab Sidoarjo. Dan hari ini, sampai Fenny, merupakan realisasi pemberian dana bergulir ke IV dan V kepada 161 UMKM dan 4 koperasi dengan total pinjaman sebesar Rp 2.035.000.000.

 

Pemberian dana bergulir tersebut ujar Fenny, bertujuan untuk meningkatkan kegiatan usaha ekonomi produktif. Melalui perkuatan permodalan lewat pinjaman akan meningkatkan produktifitas dan pendapatan. Sehingga kesejahteraan bagi UMKM dan Koperasi dapat terwujud. (st-12/humas-git)