SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Dampak Online Learning terhadap pelajar pada masa Pandemi COVID-19 di Indonesia

 

Penulis : Eki Rizki Yanuardi

Di Indonesia, Presiden Joko Widodo sebagai pemerintah pusat menerapkan kebijakan yaitu Work From Home (WFH). Kebijakan ini berisi upaya yang diterapkan kepada masyarakat agar dapat menyelesaikan segala pekerjaan di rumah, tak tekecuali pembelajaran dalam pendidikan.

Dengan adanya kebijakan ini, Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yaitu dengan meliburkan sekolah dan mengganti proses belajar dan mengajar dengan menggunakan sistem Online (Daring).

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Masuk TP2DD, Transaksi Non Tunai Akan Diperluas

Dengan menggunakan sistem pembelajaran ini, terkadang muncul berbagai masalah yang dihadapi oleh siswa dan guru, seperti materi pelajaran yang belum selesai disampaikan oleh guru kemudian guru mengganti dengan tugas lainnya,.

Tidak hanya itu, terkadang guru tidak terlalu memahami pertanyaan yang diajukan oleh siswa atau mahasiswanya sehingga membuat anak muridnya menjadi bosan dalam mengikuti pembelajaran ini. Hal tersebut menjadi keluhan bagi siswa karena tugas yang diberikan oleh guru lebih banyak.

BACA JUGA :  Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan 80.000 Baby Lobster Tujuan Batam

Pandemi penyakit corona virus (COVID-19) memaksa banyak universitas menerapkan pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendobrak proses pembelajaran online pada awal pandemi serta pembelajaran online yang efektif dan optimal. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.

Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Menariknya, studi ini menemukan pembelajaran online menggunakan Grup WhatsApp menjadi yang paling efektif dalam awal pandemi COVID-19. WhatsApp mudah, simpel, dan tidak membutuhkan paket kuota data yang besar. Melalui akun WhatsApp pembelajaran berlangsung secara optimal karena mahasiswa dan dosen dapat berkomunikasi dan berbagi file PowerPoint, file Microsoft Word, JPGs, Voice Notes, Video, dan link sumber belajar lainnya.

BACA JUGA :  Warga Sidoarjo Ini Kecewa, Sudah Bayar Lunas Tapi Belum Terima Rumah

Hasil penelitian merekomendasikan kepada peneliti lain untuk mengungkap solusi atas kendala yang dialami mahasiswa dalam pembelajaran online dan pengembangan media lain untuk melaksanakan perkuliahan online yang efektif.(*)