SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan

Cegah PMK, Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Bareng PPL Pantau Kesehatan Ternak

 

(SIDOARJOterkini) – Guna mencegah dan mengantisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi, Anggota Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin bersama Petugas PPL Kecamatan Tanggulangin berupaya untuk melakukan pemantauan penularan virus PMK pada hewan ternak di Desa Kalitengah Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo, Sabtu 23 Juli 2022.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Minta Sinergi SPN Dengan Pemerintah dan Pengusaha

Hadir dalam kegiatan tersebut, PPL Kecamatan Tanggulangin, Babinsa Kalitengah Sertu Eko Wahyudin dan Bhabinkamtibmas, Kepala Dusun Kalitengah, Pemilik ternak sapi.

Babinsa Sertu Eko Wahyudin mengatakan, pihaknya bersama dengan PPL Kecamatan Tanggulangin melakukan pemantauan hewan ternak khususnya sapi dan kambing di wilayajlh Kalitengah.

“Pendataan kesehatan ternak tersebut akan memudahkan penanganannya apabila ada ternak dengan gejala PMK,”ungkap Sertu Eko.

Dijelaskannya, hasil pemantauan beberapa ternak sapi di wilayah Kalitengah tidak ditemukan adanya ternak yang terindikasi terjangkit PMK. Namun, pihaknya memberikan sosialisasi dan himbauan untuk tetap menjaga kebersihan kandang dan menjaga pola makan ternak.

BACA JUGA :  Siaga Bencana, Babinsa Koramil Krian Pantau Aliran Sungai di Sidomulyo
BACA JUGA :  Khawatirkan Keselamatan Siswa, Babinsa 0816/05 Tulangan Bersama Warga Tebang Pohon yang Rawan Tumbang di Halaman Sekolah

“Penyemprotan disinfektan harus dilakukan, serta vitamin harus tetap diberikan kepada ternak,”ujarnya.

Sementara itu Ali Afandy salah satu peternak mengapresiasi langkah yang telah dilakukan PPL bersama Babinsa yang terus memantau kesehatan ternaknya.

“Dan Alhamdulillah, sapi saya kondisinya sehat semua,”ucapnya. (cles)