SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan

Cegah PMK, Anggota Koramil 0816/03 Buduran Lakukan Pendataan Kesehatan Ternak Warga

 

(SIDOARJOterkini) – Kodim 0816 Sidoarjo terus bergerak masif melakukan upaya pencegahan penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang mulai merebak di kawasan Sidoarjo.

Di Desa Sawohan Kecamatan Buduran, Anggota Koramil 0816/03 Buduran bersama anggota Dinas pertanian Kecamatan Buduran melaksanakan pendataan hewan ternak warga untuk mengetahui kondisi kesehatannya, Sabtu 23 Juli 2022.

Petugas Dinas Pertanian Efendi mengatakan, pendataan yang dilakukan dimaksudkan untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan ternak.

BACA JUGA :  Satgas TMMD dan Dinsos Sidoarjo Salurkan Bantuan Paket Sembako Kepada Warga Rejeni

“Jadi dengan data tersebut memudahkan kita melakukan tindakan apabila ditemukan ternak yang terindikasi PMK,”ujarnya.

Selain itu lanjut Efendi, pendataan juga untuk meminimalisir kerugian yang diderita peternak apabila ditemukan ternaknya terjangkit PMK.

BACA JUGA :  Satgas TMMD Kodim 0816 Sidoarjo Bersama Warga Desa Rejeni Gotong Royong Bangun Pamsimas

“Kita yakinkan para peternak tentang kondisi kesehatan ternaknya secara nyata, agar segera mengambil langkah tepat apabila ditemukan ternaknya terjangkit PMK,”tandasnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Layanan Masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Resmi Tempati Kantor Baru

Sementara itu Taslim salah satu peternak Sawohan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh anggota Koramil Buduran beserta Dinas pertanian yang melakukan deteksi dini kesehatan ternaknya.

“Kita menjadi tahu kondisi kesehatan ternak sebenarnya,”tandasnya. (cles)