SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Bupati Sidoarjo Resmikan Puskesmas Wonokasian Wonoayu

 

(SIDOARJOterkini) – Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor meresmikan Puskesmas Wonokasian Kecamatan Wonoayu. Turut menyaksikan peresmian Puskesmas Wonokasian, Direktur RSUD Sidoarjo, dr. Atok Ilah, Direktur RSUD Sidoarjo Barat, dr. Abdilah, dan Kepala BPJS Sidoarjo, Senin 21 Maret 2022.

“Puskesmas Wonokasian merupakan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berubah menjadi Puskesmas pertama, dimana Pustu ini sejak tahun 1984. Pada tahun 2019 direncanakan dirubah menjadi Puskesmas pertama, dan dianggarkan di tahun 2020, karena ada recofusing berubah pelaksanaannya di tahun 2021,” Jelas Kepala Dinkes Kabupaten Sidoarjo, dr. Syaf Satriawan.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor

Puskesmas Wonokasian berdiri di atas lahan seluas  717 meter, agak kecil tempatnya dan mepet dengan jalan, dengan pagu anggaran 5 Milyar lebih, sebagai pelaksana Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo: Narrative War, Santri Bisa Menjadi Agen Perubahan Bermedsos Positif

Menurut Syaf, Puskesmas Wonokasian siap memberikan pelayanan yang mencakup 8 desa, dengan jumlah penduduk 31. 810 jiwa. Untuk Puskesmas Wonoayu sebesar 56.610 orang. Di Kecamatan Wonoayu ini ada 2 puskesmas, dan Puskesmas Wonokasian ini adalah Puskesmas ke-29.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, mengatakan bahwa Puskesmas Wonokasian ini adalah Puskesmas ke-3 yang diresmikan tahun ini, yang keempat mungkin diresmikan di Tambakrejo. Tahun ini juga kita rencanakan pembangunan di Urang Agung.

BACA JUGA :  Deltras Sidoarjo Ngamuk di Kandang, Berhasil Tekuk Kalteng Putra FC Dengan Skor 5-0

“Hal ini wajar, karena memang secara umum 1 puskesmas bisa mengcover 30 ribu warga, dan Posisi Wonoayu jumlah penduduknya 88 ribu, tentunya dibutuhkan sekitar 3 Puskesmas,” jelasnya.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Lakukan Pendampingan Pembagian BLT-DD Sawocangkring

Adanya peningkatan dari Puskesmas Pembantu menjadi Puskesmas Wonokasian ini penting minimal bisa mencakup 8 desa sekitar. Kurang satu puskesmas lagi di Wonoayu nanti secara bertahap kita akan lengkapi. Sehingga angka 78 Puskesmas, dengan jumlah Sidoarjo sekitar 2.4 juta bisa tercover dengan baik.

Bupati Sidoarjo atau Gus Muhdlor menekankan kepada para Kepala Puskesmas yang hadir untuk memberikan pelayanan yang ramah. (st-12/cles)