SIDOARJO TERKINI
Ekbis Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Bupati Sidoarjo Lepas Ekspor Hasil Olahan UMKM ke Mancanegara

 

(SIDOARJOterkini) – Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP  mengaku bangga atas ekspor perdana mie telur oleh CV. Indigo Sejahtera. Itu membuktikan bahwa produk Usaha Mikro Kecil Menengah/UMKM di Kabupaten Sidoarjo bisa go Internasional. Puluhan produk olahan mie UMKM di Sidoarjo berhasil menembus pasar ekspor mancanegara. Kali ini CV. Indigo Sejahtera yang berada di jalan Raya Lebo Desa Lebo Kecamatan Sidoarjo itu mampu mengirim 8 kontainer ke negara Timur Tengah dengan tujuan Jeddah dan Saudi Arabia.

Dalam sambutannya menghadiri ceremonial ekspor produk olahan mie di CV. Indigo Sejahtera pagi tadi, Senin, 05 September 2022, Bupati Sidoarjo mengatakan bahwa sudah saatnya para pelaku UMKM Kabupaten Sidoarjo merambah mancanegara. Ia melihat produk-produk UMKM Sidoarjo tidak kalah bersaing dengan produk luar. Seperti produk olahan mie kali ini.

Dikatakannya, saat ini sudah ada 300 orang pelaku UMKM yang memasarkan produknya keluar negeri. Hal tersebut membanggakan bagi Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA :  TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Kawal Pelaksanaan BIAS

“Kemarin Export Center Surabaya itu menarget hanya seribu UMKM untuk 9 provinsi untuk go internasional, 300 diantaranya itu UMKM dari Sidoarjo, atau 20 persen dari 9 provinsi itu dari Sidoarjo. Ini adalah satu hal yang harus dibanggakan dan dipupuk kedepan,” katanya.

Sejak awal dirinya menginginkan UMKM di Kabupaten Sidoarjo maju dan berkembang. Oleh karenanya salah satu dari 17 program prioritas dirinya adalah program UMKM naik kelas. Program tersebut berfokus pada dua hal. Yakni peningkatan kualitas produk para pelaku UMKM serta jangkauan pemasaran produk yang dihasilkan. Dua hal itu akan ia fasilitasi.

BACA JUGA :  Deltomed Luncurkan Minuman KOJIMA, Minuman Madu Habbatusauda Dilengkapi dengan Kurma

“Visi awal bupati untuk merubah paradigma bahwa UMKM Sidoarjo dari think globally and act locally harus go Internasional, menjadi pahlawan-pahlawan devisa baru, bukan hanya menjadi pemain dinegaranya sendiri,”ucapnya.

Bupati Muhdlor juga berharap para pelaku UMKM Sidoarjo untuk terus berinovasi terhadap produknya. Dikatakannya untuk menjadi pengusaha yang sukses, bukan hanya berbicara tentang kejelian melihat peluang pasar. Namun bagaimana membuat inovasi-inovasi yang selalu ditunggu konsumen. Seperti yang dilakukan CV Indigo Sejahtera yang saat ini yang mampu mengharumkan nama Kabupaten Sidoarjo di level internasional.

Dalam kesempatan itu, Ageng Sulistiana selaku Owner CV. Indigo Sejahtera mengapresiasi yang dilakukan Pemkab Sidoarjo. Menurutnya lewat bupati Sidoarjo, dukungannya kepada UMKM seperti dirinya sangat terlihat. Hal seperti ini yang diinginkan para pelaku UMKM bagi kemajuan usahanya.

BACA JUGA :  Tim Research SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Borong 4 Juara Internasional di Malaysia

“Terimakasih kepada Pemkab Sidoarjo khususnya kepada bupati Sidoarjo atas perhatiannya kepada para pelaku UMKM yang ada,”sampainya.

Ageng mengatakan tahun ini perusahaannya bisa mengekspor sampai 8 container. Saat ini masih 1 container 40 feet produk olahan mie kering. Jumlahnya pun akan terus meningkat. Sehingga dalam kurun waktu sampai akhir tahun bisa melakukan pengiriman 8 container. Total nilai produk yang dikirim sebesar 20 ribu US dollar per kontainer.

“Ini adalah ekspor perdana, jumlahnya semakin lama semakin banyak, tentunya setelah Jeddah dan Arab Saudi bisa kemancanegara lainnya,” pungkasnya.

Dalam pelepasan produk ekspor tersebut juga dihadiri perwakilan Pengelola Export Center Surabaya. (cles).