SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Bupati : Harmoni Antar Suku Agama Ras dan Antar Golongan di Sidoarjo Harus Terjaga Dengan Baik

 

(SIDOARJOterkini) – Harmoni antar suku agama ras dan antar golongan di Kabupaten Sidoarjo selalu terjaga dengan baik. Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor membeberkan kunci untuk menjaga dan merawatnya. Saat menjadi narasumber kegiatan silaturahim dan sarasehan FKUB Sidoarjo di gedung serbaguna HKBP Waru, Sabtu malam kemarin, (26/11), kunci itu diungkapkan bupati Sidoarjo. Ia katakan ada tiga kunci untuk menjaganya.

Menurut Bupati, yang pertama adalah mengenal satu dengan yang lain. Kedua, tidak berprasangka buruk terhadap yang lain dan yang terakhir tidak mencari-cari perbedaan dengan yang lainnya. Dengan sikap itu, ia yakin harmoni yang sudah tercipta akan selalu terjaga.

BACA JUGA :  Peringati Harjasda Ke-164, Bupati Sidoarjo Bersama Habaib dan Ribuan Jama'ah Majelis Dzikir Al-Khidmah Gelar Doa

“Yang terpenting dan harus dijaga adalah harmoni semua warna, harmoni semua agama, harmoni semua suku di Kabupaten Sidoarjo tanpa memandang apa itu menjadi satu balutan lukisan yang indah untuk kita semua,”ucapnya.

Dikatakannya, bukanlah perbedaan yang sebenarnya harus dicari. Namun persamaanlah yang seharusnya dikuatkan. Sama-sama mendiami Sidoarjo dan sama-sama mencari rezeki di Kabupaten Sidoarjo sudah cukup menjadi alasan untuk menjaga kerukunan.

“Coba sekali-kali cari persamaan kita, kita sama-sama lahir di Sidoarjo, kita sama-sama cari uang di Sidoarjo misalnya, persamaan ini yang sebenarnya harus kita tanamkan pada diri kita untuk menjaga dan merawat Kabupaten Sidoarjo,”ujarnya.

BACA JUGA :  Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini, Babinsa Koramil 0816/11 Tarik Berikan Materi Wasbang dan PBB di SMK Taruna

Dirinya juga mengatakan kerukunan dan persaudaraan menjadi aset tak terlihat untuk menjaga persatuan. Aset seperti ini harus dipupuk dan dirawat. Jangan  terseret oleh politisasi SARA. Warga Sidoarjo harus mampu menjaga Sidoarjo yang sejuk dan tentram bagi seluruh pemeluk agama, suku, ras dan golongan.

BACA JUGA :  Pagelaran Wayang Kulit Lakon Pandowo Krido Dalang Ki Cahyo Kuntadi Meriahkan Peringatan Hari Jadi Sidoarjo ke 164

“Sidoarjo harus tetap berada di rel nya yang adem, ayem, guyub rukun dan tentrem,”sampainya.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan FKUB Kabupaten Sidoarjo tersebut dihadiri seluruh organisasi keagamaan. Tidak hanya dari NU, namun juga LDII dan juga organisasi keagamaan non Islam lainnya. Kegiatan itu juga mengundang Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak, Kepala Kantor Kemenag Sidoarjo Arwani, Ketua PCNU Sidoarjo KH. Zainal Abidin serta Ketua FKUB Sidoarjo M. Idham Kholiq. (cles)