SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Buka Diseminasi Informasi, Wakil Bupati Sidoarjo Serukan Junjung Tinggi Kemanusiaan

 

(SIDOARJOterkini).- Pemkab Sidoarjo menggelar kegiatan Diseminasi Informasi Tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri di Ballroom Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Kamis, 23 Juni 2022. Kegiatan yang menghadirkan Joshua Hart, Program Manager dari International Organization for Migration (IOM) sebagai narasumber tersebut dibuka Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, S.H.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati H. Subandi berpesan pada peserta yang hadir, untuk bersama mencari jalan keluar atas polemik yang ada.

“Dari acara ini saya harap akan ada jalan tengah, juga penjelasan dari dinas terkait mengenai penanganan terhadap pengungsi. Jangan sampai adanya imigran ini ternyata berdampak negatif pada warga kita,”ucapnya.

BACA JUGA :  Kalah Pilkades, Pria Asal Jemundo Taman Tutup Jalan Desa

Terkait demo yang sempat terjadi, Wabup memahami kondisi psikologis para imigran. “Bisa jadi karena sudah hampir sepuluh tahun tanpa kejelasan dan kegiatan sebagaimana manusia umumnya, para imigran ini jenuh. Mungkin nantinya bisa kita beri mereka kegiatan positif, bisa berupa kursus atau kegiatan lain agar pengungsi ini lebih produktif, juga untuk mengasah skill agar dapat menjadi bekal kedepannya, sambil menunggu kepastian untuk kembali ke negara asal,”ujarnya.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, juga berpesan agar output acara ini dapat bermanfaat seperti tujuan awal.

BACA JUGA :  Koramil 0816/05 Tulangan Lakukan Penyambutan dan Pengamanan Kunker Menaker RI ke BLK Sidoarjo

“Salah satunya mari kita rumuskan bersama kebijakan – kebijakan mengenai penanganan pengungsi ini, yakni kebijakan yang tentunya tidak berbenturan dengan aturan hukum yang ada. Jika ada imigran mari bersama kita jaga, karena ini juga manusia, alangkah baiknya jika kita dapat memanusiakannya,” tutup Wabup Subandi.

BACA JUGA :  Koramil 0816/16 Waru Laksanakan Pengamanan Eksekusi Gudang di Tambak Sawah

Dalam kesempatan tersebut Joshua Hart menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi serta tindak lanjut IOM kepada Pemerintah Indonesia. Dikatakannya di Kabupaten Sidoarjo sendiri terdapat 5% pengungsi.(cles)