SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Headline Indeks Politik & Pemerintahan

BPN Luncurkan Inovasi Layanan One Day Service Bantu Permudah Pengurusan Tanah di Yogyakarta

Penulis : Dwi Mellyarosa Haditiya.
Prodi Administrasi Publik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

       Badan Pertanahan Nasional adalah lembaga pemerintahan yang mempunyai tugas melaksanakan pemerintahan di bidang pertahanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang dulunya dikenal sebagai kantor agraria BPN diatur sesuai dengan peraturan presiden nomor 20 tahun 2015.

Banyaknya keluhan masyarakat dalam urusan pertanahan yang lama dan berbelit-belit. Pemerintah Yogyakarta luncurkan inovasi dalam pelayanan pertanahan yaitu One Day Service, layanan ini digunakan untuk mempermudah pengurusan berkas pertanahan di Badan Pertanahan Nasional BPN Yogyakarta.

BACA JUGA :  Hadapi Pandemi, Kapolresta Sidoarjo Bekali Paket Kesehatan bagi Anggota dan ASN

One day service dikenal dengan Serabi 161. merupakan akronim Senin dan Rabu 16 berkas sehari jadi. Kebetulan kantor pertanahan alamatnya berada di 161.

Layanan mandiri ini menerima 16 permohonan yang bisa diselesaikan dalam 1 hari jadi melalui layanan Serabi 161.
Jenis layanan yang diberikan tersebut meliputi berkas untuk jual beli, royal dan peningkatan atau pengukuran hak atas tanah titik dengan catatan seluruh berkas harus sudah lengkap dan diterima petugas maksimal pukul jam 12. 00 WIB. Dengan bertambahnya layanan One Day Service tersebut pemerintah berharap bisa menekan tunggakan bekas di kantor pertanahan.

BACA JUGA :  Bangunan Dibongkar,  Frontage Road Ruas Gedangan Siap Dikerjakan

“Harapan kami justru tidak ada lagi tunggakan berkas jadi pemohon datang sekali ke kantor pertanahan karena berkasnya sudah bisa diselesaikan saat itu juga”  ujar Eko Harto.

Diungkapkannya, dalam satu hari dirinya rata-rata menerima 10 hingga 30 berkas yang harus ditandatangani. Selain meluncurkan layanan Serabi 161 kantor pertanahan kota Yogyakarta juga memiliki inovasi layanan pengantar produk baik berupa sertifikat tanah maupun surat keterangan titik, berkas secara gratis akan diantar kepada pemohon tersebut yang lebih diprioritaskan bagi pemohon yang mengurus sendiri atau tanpa kuasa.

BACA JUGA :  Pembangunan Dua Ruangan di Kantor Desa Ngaban Terselesaikan

Kepala kanwil BPN DIY Tri Wibisono, mengapresiasi inovasi yang diluncurkan tersebut.

“Saya juga mendorong masing-masing daerah bisa menciptakan inovasi yang berkaitan dengan peningkatan layanan kepada masyarakat”ujarnya.

Dengan adanya aplikasi one day service ini BPN Yogyakarta berkomitmen untuk  terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan di bidang pertahanan bagi masyarakat dan lebih cepat dan efisien.