SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Bersihkan Sungai, DPU Pengairan Libatkan Siswa

Siswa SMAN 1 Wonoayu saat membersihkan afvour Sungai Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu
Siswa SMAN 1 Wonoayu saat membersihkan afvour Sungai Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu

(SIDOARJOterkini)-Banyaknya enceng gondok dan sampah yang memenuhi sejumlah sungai di Sidoarjo, membuat Dinas PU Pengairan bekerja keras. Untuk membersihkan sungai, dinas terkait juga melibatkan siswa.

Seperti yang dilakukan DPU Pengairan dalam membersihkan enceng gondok yang memenuhi Sungai Paherngumbuk, Wonoayu, Selasa (14/10) pagi. Tampak, puluhan siswa SMAN 1 Wonoayu ikut serta dalam bersih-bersih sungai tersebut.

Kepala Dinas PU Pengairan Fatkhurahman mengatakan, pihaknya memang gencar dalam membersihkan sungai yang terdapat banyak sampah dan enceng gondok. Salah satunya dengan menggandeng masyarakat sekitar untuk ikut berpartisipasi.

BACA JUGA :  KPU Sidoarjo Tetapkan Muhdlor - Subandi Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih

Selain masyarakat sekitar, peran serta siswa juga sangat membantu pemerintah. Terutama dalam ikut membersihkan sungai yang berada disekitar sekolah. “Hari ini (kemarin, red), ada dua lokasi pembersihan enceng gondok. Yakni di Afvour Sungai PagerngumbuK dan di Afvour Sungai Sekardangan,Sidoarjo,” ujar Fatkhurahman.

Mantan Camat Waru tersebut mengaku jika enceng gondok tumbuh subur saat musim kemarau menjelang musim hujan seperti saat ini. Bila air sungai tidak mengalir, enceng gondok sangat subur. Namun jika musim hujan, enceng gondok sudah tidak ada lagi karena terkena aliran air sungai.

BACA JUGA :  Dua Sepeda Motor Tabrakan di Jalan Penambangan Balongbendo, 1 Orang Alami Luka Serius

Bersih-bersih enceng gondok ini, lanjut Fatkhurahman, merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan dinas. Karena di Afvour Sungai Pagerngumbuk berdekatan dengan SMAN 1 Wonoayu. “Kami mengajak para siswa-siswi untuk ikut bersih-bersih agar peduli dengan lingkungan,” jelasnya lagi.

BACA JUGA :  Muhdlor-Subandi, Jalin Komunikasi dengan Fraksi untuk Penuhi Janji Kampanye

Selain banyak tumbuh enceng gondok, tampak juga sampah-sampah dari pembuangan sampah rumah tangga. Hal inilah yang membuat sungai kotor dan terjadi pendangkalan, bahkan menyebabkan banjir saat hujan karena tersumbat sampah. (st-12)