SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Berikut Penjelasan Banggar DPRD Sidoarjo Soal Skema Pembiayaan e-tilang

 

(SIDOARJOterkini) – Pemberlakuan tilang elektronik atau e-tilang di Kabupaten Sidoarjo masih dalam tahap pembahasan.

Pembahasan tersebut berkaitan dengan titik mana saja yang akan di berlakukan e-tilang. Termasuk kebutuhan anggaran untuk menyukseskan program tersebut.

Terkait skema pembiayaan, Bangun Winarso Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Sidoarjo menyampaikan dua opsi yang bisa dilalui.

“Selama itu bermanfaat untuk masyarakat tentu akan kami dukung,” Katanya saat dikonfirmasi, Jumat 05 Februari 2021.

Opsi yang pertama ialah melalui dana hibah ke kopolisian. Dalam hal ini, Polresta Sidoarjo. Hanya saja kalau menggunakan dana hibah prosesnya cukup lama.

BACA JUGA :  BST Kemensos Disalurkan Kepada KPM di Kecamatan Porong

“Karena harus mengikuti aturan tentang hibah, yang salah satunya, proposal permohonan hibah harus masuk satu tahun sebelumnya,” ujarnya

Lalu, Opsi yang kedua, ialah pembiayaan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan Sidoarjo.

Kalau melalui Dishub Sidoarjo, anggaran untuk pengadaan peralatan E-TLE bisa diusulkan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) yang akan di bahas di 2021 ini.

BACA JUGA :  Petugas Gabungan Gelar Operasi Yustisi di Jalan Ngaban, 16 Pelanggar Terjaring

Sehingga pos anggaran di usulkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub). “Kalau untuk prototipe biar cepat biasa di usulkan di PAK,” sambung politikus PAN itu.

Di lain kesempatan, Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Whika Ardilestanto menerangkan jika penerapan E-TLE memang membutuhkan kamera CCTV dengan spesifikasi khusus.

BACA JUGA :  Hotel Premier Place Surabaya Menggeliat di Tengah Pandemi

Seperti kamera dengan fungsi analytic ANPR, software VMS, server storage, server aplikasi, PC cilnet untuk verifikasi, jaringan FO yang kuat, serta wajib tersambung dengan software pengolahan ETLE yang terkoneksi ke e-Tilang.

“Di Sidoarjo memang sudah ada beberapa kamera terpasang di jalan, namun spesifikasinya belum sesuai untuk ETLE,” pungkasnya (pung/cles)