SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Berdamai, PSHT dan Pagar Nusa Tanggulangin Sepakat Jaga Silaturrahmi

 

(SIDOARJOterkini) – Perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dan Pagar Nusa yang ada di Kecamatan Tanggulangin menggelar pertemuan dan silaturrahmi, menyusul perseteruan antar keduanya di sejumlah daerah.

Pertemuan yang difasilitasi oleh Polsek Tanggulangin tersebut diawali dengan buka puasa bersama yang diikuti sejumlah tokoh dari kedua perguruan silat tersebut, di Balai Desa Sentul Kecamatan Tanggulangin, Jumat 07 Mei 2021.

Kasi Humas Polsek Tanggulangin Aiptu Khoirul Majid menjelaskan, acara silaturrahmi dilakukan setelah adanya perseteruan antara kedua perguruan silat di daerah lain, dan konflik tersebut agar tidak berkepanjangan.

BACA JUGA :  Kakek Pejalan Kaki Ditabrak Pemotor di Jalan Kemeraan Krian

“Pertemuan dimaksudkan untuk pencegahan konflik keduanya berlanjut yang bisa mengganggu Kamtibmas,”tegasnya.

Dikatakan Khoirul, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan kedua perguruan silat tersebut, dan mengajak untuk ikut serta menjaga wilayah Tanggulangin tetap damai dan Kondusif.

BACA JUGA :  Kakak Kandung Tersangka Sodomi 25 Santri Rumah Tahfidz di Sidoarjo Juga Diringkus Polisi

“Dalam pertemuan tersebut, kedua perguruan silat sepakat untuk berdamai dan menjaga Tanggilangin tetap damai,”ungkapnya.

Ketua Ranting PSHT Tanggulangin Dian S mengatakan, konflik antara PSHT dan Pagar Nusa terjadi akibat kesalahpahaman. Kedua belah pihak harus bisa berpikir jernih untuk mengakhiri perseteruan dengan damai.

“Ini momen bagus sekali. Mari kita bertukar pikiran agar masalah ini tidak semakin membesar dan menimbulkan korban lagi,” katanya

BACA JUGA :  Sebelum Dilakukan Normalisasi, Bangli di Atas Bantaran Sungai Banjarasri Tanggulangin Harus Dibongkar

Sementara itu Ketua Pagar Nusa Tanggulangin H.Bisri menyatakan, di daerah lain masih sering terjadi kesalahpahaman antar perguruan silat, dan silaturrahmi ini dilakukan untuk mencegah meluasnya konflik.

“Duduk bersama dan jalin komunikasi adalah cara yang tepat apabila terjadi kesalahpahaman, dan konflik berkepanjangan akan bisa dihindari,”tandasnya. (nic/cles)