SIDOARJO TERKINI
Gaya Hidup & Romantika Hukum & Kriminal Indeks Profil

Beradaptasi Dengan Covid-19

 

Penulis : Brigtar Rosyade Atiq Fepiosandi No. AK. 18.164.

Sejak grafik Covid-19 terus menunjukan penurunan yang signifikan, pemerintah mulai mencabut berbagai kebijakan yang sekiranya sangat berdampak pada berbagai kegiatan. Kegiatan itu ialah PSBB atau singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Masyarakat mulai diizinkan untuk melakukan berbagai aktivitas yang dapat memajukan kembali ekonomi Indonesia yang sempat terpuruk. Masyarakat pun diminta untuk memulai sebuah kebiasaan baru untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

Adanya kebijakan mengenai new normal ini tentunya merupakan kabar baik bagi masyarakat, yang mana merasa sangat kesusahan untuk melakukan kegiatan di luar rumah, baik itu sekolah atau bahkan bekerja. Namun, meskipun pemerintah meminta untuk segera mengimplementasikan kegiatan new normal, tetap saja harus mengikuti berbagai panduan yang sesuai.

Panduan-panduan tersebut tentunya bukan hanya sebuah cara tertulis yang harus diikuti, melainkan memiliki manfaat berupa mencegah terjadinya lonjakan korban akibat virus Covid-19. Panduan-panduan tersebut ialah

BACA JUGA :  Diduga Depresi Pemuda Asal Jetis Ceburkan Diri ke Kali Mas dari Jembatan Tado Balongbendo

1. Selalu Menggunakan Masker
Memakai masker dinilai mampu untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19. Hal ini disebabkan karena virus Covid-19 biasanya menyebar melalui droplets yang keluar baik itu karena batuk ataupun ketika berbicara.

Dalam panduan ini, disarankan untuk selalu memakai masker baik itu di dalam ruangan maupun luar ruangan. Hal tersebut terjadi untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang dinilai sangat cepat menyebar.

2. Rajin Mencuci Tangan
Rajin mencuci tangan merupakan salah satu langkah untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Ketika Anda mencuci tangan, sangat disarankan untuk melakukannya selama 20 detik dengan mencuci bersih bagian punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.

BACA JUGA :  Pemkab Sidoarjo Gelontorkan Anggaran Beasiswa Perguruan Tinggi Rp.10 Miliar

3. Menjaga Jarak
Droplets yang dikeluarkan oleh seseorang memiliki kecepatan 50 m/s selama 0,12 detik, dimana seperti yang kita ketahui bahwa virus corona menyebar melalui kontak dekat ataupun menyentuh bagian muka dengan tangan yang mungkin sudah terdapat virus corona.

Hal itulah yang mengakibatkan pentingnya kita untuk melakukan jaga jara antar sesama minimal 1 meter. Dengan berjaga jarak, maka Anda akan memiliki persentase yang rendah untuk menghirup tetesan dan bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi.

BACA JUGA :  Danramil 01/Sidoarjo Kota Hadiri Pengukuhan Pengurus Forwas Periode 2022-2025

4. Makan Makanan Bergizi
Memakan makanan yang bergizi nyatanya sangat berguna untuk mencegah virus corona. Dengan memakan makanan bergizi, maka Anda membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung gizi seimbang kan menjamin kekuatan sistem kekebalan yang dapat membantu menahan serangan virus.

Di masa new normal ini perlu sekali mengikuti panduan-panduan yang sesuai dengan apa yang pemerintah keluarkan. Hal ini bertujuan agar mencegah terjadinya lonjakan kasus. Menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga memakan makanan bergizi merupakan beberapa panduan yang pemerintah berikan untuk menghadapi new normal.