SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Benarkah Bendungan Bernoulli Bisa Hentikan Semburan Lumpur,,!!, Ini Penjelasan Djaja Laksana

Djaja Laksana menjelaskan bendungan Bernoulli untuk menghentikan semburan lumpur
Djaja Laksana menjelaskan bendungan Bernoulli untuk menghentikan semburan lumpur

(GEDANGANterkini) – Jelang 10 tahun semburan lumpur panas lapindo, Teori Bernoulli diterapkan kembali oleh peneliti alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Ir Djaja Laksana. Dirinya yakin bisa menghentikan semburan lumpur panas lapindo dengan Teori ini.

Berikut terang Ir Djaja Laksana, peneliti alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kepada wartawan di PT. Karya Dua Raksa, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Sabtu (28/05/2016).

Di dalam pabriknya, Ir Djaja Laksana langsung mempraktekan teori Bernoulli dengan menggunakan ember yang berisi air yang dipompa sesuai tekanan air dan udara. “Jadi teori ini pada intinya menyeimbangkan tekanan dari bawah tanah dan dari atas. Sehingga nantinya sama-sama berat, bahkan apabila di isi air, maka tekanannya bisa turun,” ujarnya.

BACA JUGA :  Panen Perdana Pisang Cavendish, Sahabat Petani Bakalan Wringinpitu Gelar Syukuran
BACA JUGA :  Bupati Muhdlor : Kegiatan Keagamaan Tetap Berjalan Syaratnya Menjaga Prokes

Dirinya menambahkan bahwa apabila semburan lumpur ini tidak segera teratasi, maka yang dikawatirkan oleh alumnus ITS ini akan mengalami supsidence atau penurunan tanah. “Iya kalau amblesnya pelan. Kalau amblesnya dengan kecepatan tinggi, maka infastruktur akan rusak dan pastinya memakan korban lebih banyak,” terangnya.

Sementara itu, terkait biaya pembuatan Bendungan Bernaulli, diperkirakan mencapai 8 miliar sedangkan estimasi waktu bisa dikerjakan dan selesai sampai 8 bulan. “Padahal di Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Porong, Sidoarjo, pada tanggal 25/6/2007 silam, itu terbukti bisa menghentikan luapan lumpur panas,” pungkasnya.(alf)