SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Belum Dibangunkan Rumah oleh Lapindo, Korban Lumpur Ngadu ke Pj Bupati

Korban lumpur saat mengadu ke Pj Bupati Sidoarjo Jonathan Judianto yang dihadiri petinggi MLJ
Korban lumpur saat mengadu ke Pj Bupati Sidoarjo Jonathan Judianto yang dihadiri petinggi MLJ

(SIDOARJOterkini)-Puluhan warga korban lumpur Lapindo mendatangi kantor Bupati Sidoarjo, Selasa(17/11/2015). Mereka berasal dari dalam peta area terdampak lumpur Lapindo.

Puluhan warga tersebut bertemu dan berdialog dengan penjabat Bupati Jonathan Yudyanto dan Direktur operasional PT. Minarak Lapindo Jaya Totok Kusdiarto di ruang Delta Karya Pemkab Sidoarjo.

Dalam pertemuan tersebut korban lumpur Lapindo menuntut agar PT. Minarak Lapindo Jaya segera menuntaskan proses pembangunan rumah di komplek perumahan Kahuripan Nirwana Village sebagai ganti rugi korban lumpur lapindo. Warga cemas karena janji Minarak Lapindo Jaya sudah empat tahun ini tak kunjung dibangunkan rumah sesuai janjinya ” kami kesini untuk menagih janji rumah yang sudah bertahun-tahun tidak kunjung terealisasikan,”ujar Muchlas warga Desa Renokenongo.

BACA JUGA :  Kades Suko Sukodono Resmi Ditetapkan Tersangka Pungli PTSL Oleh Kejari Sidoarjo

Sementara itu Penjabat Bupati Sidoarjo Jonathan Yudyanto menegaskan,” Korban lumpur Lapindo tidak perlu khawatir dengan proses pembangunan rumah di Kahuripan Nirwana Village dan saya akan mengawal proses ini dengan catatan proses pencairan sisa dana talangan dari APBD perubahan segera dicairkan pada tanggal 15 Desember bulan depan,” paparnya.

Untuk mempercepat proses ini penjabat Bupati akan memfasilitasi kepada MLJ, BPLS dan warga untuk melakukan validasi data di Pendopo Kabupaten Sidoarjo mulai rabu besok.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Sidoarjo : Kualitas Pendidikan di Sekolah Negeri dan Swasta Setara

Dari informasi yang ada, dana talangan dari pemerintah pusat untuk pencairan dana ganti rugi korban lumpur Lapindo senilai 781 miliar. Dari nilai tersebut sudah terpakai 761 miliar rupiah. Sisa dari dana talangan itu rencanannya diperuntukkan untuk 85 berkas dan proses pembangunan rumah melalui proses cash and resetlement. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun 114 rumah baru di komplek perumahan Kahuripan Nirwana Village Kota Sidoarjo.(Myu)