SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Belum Ada Solusi Kongkrit Untuk Mengatai Banjir di Tanggulangin

 

(SIDOARJOterkini) – Nampaknya di Desa Kedungbanteng dan Banjarasri Kecamatan Tanggulangin masih akan berlanjut, pasalnya Pemkab Sidoarjo hanya mengambil solusi jangka pendek.

Misalkan, Normalisasi sungai, pengoprasian mesin pompa dan peninggian jalan.

Solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir di dua desa terebut masih belum ada. Meski pada beberapa waktu lalu, Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo berencana membangun waduk sebagai penambungan air.

BACA JUGA :  Dinas PU-BMSDA Sidoarjo Ragu-ragu, Pembangunan Frontage Road Tak Kunjung Selesai

Namun rencan tersebut harus pupus ditangan TAPD dan Banggar DPRD Sidoarjo. sebab pembangunan waduk tidak masuk dalam SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah).

“Kami terus berupaya mengatasi banjir tersebut, termasuk melibatkan tim ahli untuk mengkaji permasalahan banjir di lokasi itu,” kata Pj Bupati Sidoarjo, 11 Desember 2020.

BACA JUGA :  Daya Tampung Sedikit, Dinsos Sidoarjo Akan Bangun Liponsos Baru di Tulangan

Sejatinya Pemkab Sidoarjo bisa saja melakukan pengurukan dilokasi itu, dari segi anggaran juga tersedia. Hanya saja untuk melakukan hal itu perlu adanya status tanggap darurat.

“Jadi tidak bisa mengeluarkan anggaran seenaknya,” jelasnya.

Kendati demikian,Hudiyono juga masih mengupayakan untuk bisa merealisasikan pembangunan waduk itu. Menurutnya, rencana pembangunan waduk juga perlu melibatkan tim akademisi. Tujuannyan untuk melakukan kajian teknis.

BACA JUGA :  Pria Asal Krian Curi HP di Jabaran Balongbendo Diringkus Polisi

“Kalau tidak masuk APBD 2021 diupayakan masuk PAK (Perubahan Alokasi Anggaran) nanti,” pungkasnya (pung/cles)