SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Bea Cukai Juanda Gagalkan Upaya penyelundupan Ratusan HP Ilegal

(SIDOARJOterkini) – Petugas gabungan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Juanda berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 268 unit handphone (Hp) ilegal. Hp merk iphone itu dibawa tiga penumpang asal Batam.

Kepala KPPBC TMP Juanda Budi Harjanto mengatakan, berawal dari informasi yang diterima petugas tentang adanya penumpang asal Batam yang terbang menuju Surabaya membawa sejumlah HP tanpa disertai dokumen.

“Pemeriksaan pun dilakukan petugas secara intensif kepada setiap penumpang yang tiba di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda,”ujarnya, Rabu 03 Maret 2021.

BACA JUGA :  Kapolresta Resmikan Masjid Al - Ikhlas Polresta Sidoarjo

Lanjut Budi Harjanto, ketiga penumpang asal Batam tersebut tiba sekitar pukul 17.15 pada Sabtu (27/2) lalu, dengan membawa dua koper dan tiga tas ransel.

“Barang ilegal tersebut ditempatkan di koper dan tas ransel tersebut,”ucapnya.

BACA JUGA :  Kakek Pejalan Kaki Ditabrak Pemotor di Jalan Kemeraan Krian

Dari hasil pemeriksaan tambah Budi, ketiga tersangka itu bisa dikatakan sebagai kurir. Dan dari pengakuannya mereka mendapatkan upah 3 juta hingga 5 Juta.

“Potensi kerugian negara dari aktifitas ilegal itu ditaksir mencapai Rp 469,4 juta. Kalau taksiran nilai barang mencapai Rp 1,5 miliar,”tegasnya.

Selain mengamankan ratusan hp iphone itu, pihak KPPBC TMP Juanda juga memusnahkan sejumlah barang sitaan. Yakni 2.033.360 batang rokok ilegal dan 84 unit sextoy.

BACA JUGA :  DPMPTSP Sidoarjo Siap Luncurkan OSS RBA Untuk Sistem Perizinan Lebih Cepat dan Ringkas

Barang barang itu merupakan hasil 848 penindakan yang dilakukan sejak Oktober 2020 lalu.

“Barang ilegal tersebut ada yang dikirim melalui kantor pos dan cargo, ada juga yang dibawa penumpang,” pungkas Budi.(cles)