SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Bau Busuk Gegerkan Warga Sukolegok, Ternyata Bunga Raflesia

Bunga raflesia berbau busuk jadi tontonan
Bunga raflesia berbau busuk jadi tontonan

(SUKODONOterkini)- Warga Desa Suko Legok Kec. Sukodono diresahkan dengan bau tak sedap yang menyerbak di kawasan RT 10 RW 4, selama dua hari ini. Mereka awalnya mengira jika bau busuk itu ada bangkai binatang.

Setelah ditelusuri ternyata dibalik rerumbutan, terdapat dua bunga rafflesia arnoldi. Bunga berwarna keunguan itu kuncupnya mekar.

Tak hanya pemilik rumah dekat halaman kosong yang resah dengan bau busuk itu. Pelanggan alfamaret yang datang, juga tampak ada yang sampai tak kuat dan memegangi hidung akibat bau bunga yang dikenal orang jawa dengan sebutan bungai bangkai itu.

BACA JUGA :  Tekan Penyebaran Covid-19, Petugas Gabungan Gelar Operasi Yustisi di Wilayah Tanggulangin

 

Ny Dea Mahardian (30) yang jarak rumahnya tak jauh dari keberadaan dua bunga itu, mengaku saat malam hari, dirinya dan anaknya kaget serta penasaran dengan bau tak sedap tersebut. Bahkan bau yang muncul itu sampai tercium dari dalam rumah dan membuat keluarganya susah tidur hingga larut.

 

BACA JUGA :  Ini Program Prioritas Bupati Muhdlor yang Akan Dituntaskan di Tahun 2022

“Karena penasaran paginya saya dan anak saya mencari asal bau itu. Setelah mendekati rerumbutan, ternyata ada dua bunga rafflesia yang mulai tumbuh. Saya tak berani memotong atau membersihkan. Siang sampai sore kemarin, bunga semakin mekar dan semakin membesar,” kata Dea Selasa (10/11/2015).

 

Dirinya juga merasa tambah kaget,nkarena setelah dua bunga diketahui muncul, dititik lain ada tiga bunga lagi muncul secara bersamaan. “Yang muncul baru tiga bunga itu, cepat mekar dan posisinya masih satu lokasi di tanah kosong samping rumah. Saya tak berani membersihkan semak-semak itu karena khawatir ular. Biar nanti suami saya yang membersihkantandas guru TK dan SD itu. (st-13)