SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

Banyak Perumahan Tak Punya Makam, Ini Penjelasan Ketua REI Sidoarjo

Ketua REI Sidoarjo Susilo Effendy
Ketua REI Sidoarjo Susilo Effendy

(SIDOARJOterkini)- Banyak perumahan yang belum dilengkapi fasilitas makam. Padahal, makam merupakan salah satu fasum yang harus dipenuhi pengembang perumahan.

Ketua REI Sidoarjo, Susilo mengakui jika pengembang menyediakan pemakaman umum sendiri sangat sulit. Apalagi, pemakaman yang satu komplek dengan perumahan.

Seusai aturan, perumahan harus menyediakan fasum fasos sebesar 40 persen dari luasan perumahan. “Untuk makam masuk fasum,” ujar Susilo Effendy.

Untuk mengantisipasi krisis makam itu, Real Estate Indonesia (REI) Sidoarjo sudah menyiapkan makam untuk warga Sidoarjo. Makam Estate itu berada di wilayah Sidoarjo barat, Desa Gampengrowo, Kecamatan Tarik. Selain itu, kini sudah ada Pemakaman Delta Praloyo di Desa Gebang, Kecamatan Sidoarjo.

Menurut Susilo, jika hanya ada satu pemakaman saja tidaklah cukup. Mengingat perkembangan perumahan di Sidoarjo sangat pesat, apalagi kini juga bermunculan apartemen.

BACA JUGA :  Kades Suko Sukodono Resmi Ditetapkan Tersangka Pungli PTSL Oleh Kejari Sidoarjo

Pemakaman umum yang dibangun oleh REI merupakan hasil urunan dari pengembang. Setiap pengembang yang membangun perumahan di Sidoarjo jika tidak bisa menyediakan makam sendiri, bisa bergabung di makam REI.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Sidoarjo : Kualitas Pendidikan di Sekolah Negeri dan Swasta Setara

Ditanya apakah semua pengembang di Sidoarjo sudah melengkapi kebutuhan makam?, Susilo mengaku belum. Meski demikian, sebagian besar sudah mendaftar ke REI untuk makam. “Kalau ada pengembang yang masih menyediakan makam semisal 1 persen dari luasan lahan, itu masih kurang. Solusinya 1 persen kekurangannya bisa join dengan REI,” tandas Susilo.

Demikian pula dengan Apartemen, lanjut Susilo, merupakan anggota REI dan pemakamannya ikut REI bagi yang belum menyediakan sendiri. REI membebaskan lahan seluas 20 hektar untuk makam.

BACA JUGA :  Begal Bacok Warga Tulangan Dengan Pedang di Pagerwojo Buduran, Motor Korban Digondol

Makam estate itu, akan dipetak-petak untuk beberapa pemakaman sesuai dengan agama yang ada di Indonesia, termasuk untuk umat Hindu. Meski dipetak-petak, pemakaman tersebut ada di satu kawasan yang nantinya akan dilengkapi dengan taman. (st-12)