SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan

Bantu Anak Penderita Tumor, Polres Dapat Penghargaan dari KPAI

image

  Kapolres Sidoarjo AKBP Anggoro Sukartono saat kegiatan bersama anak yatim dan tidak mampu beberapa waktu lalu.

(SIDOARJOterkini)- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberi apresiasi kepada Polres Sidoarjo karena dinilai keberhasilannya menciptakan solusi dalam perlindungan anak
Terutama atas perlindungan terhadap anak yang membutuhkan perlindungan khusus.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum KPAI Arist Merdeka Sirait kepada Kapolres Sidoarjo AKBP Anggoro Sukartono, Selasa (4/8/2015).

Arist Merdeka Sirait mengatakan, upaya yang dilakukakan Polres Sidoarjo itu adalah hal yang luar biasa. “Polosi mau menolong Habibah, anak kecil yang menderita tumor ganas dan kesulitan biaya untuk berobat,” ujarnya.

Padahal, selama ini polisi hanya identik dengan penegakan hukum. Namun Polres Sidoarjo mampu membuktikan jika polisi juga mampu menyelesaikan masalah sosial dengan membantu sesama.

BACA JUGA :  Bejat !! Ayah Kandung Diduga Cabuli Anak Gadisnya Yang Berusia 5 Tahun

Arist menambahkan, bentuk kepedulian dan keprihatinan terhadap Habibah itulah yang harus dihargai. Dalam hal ini, Polres Sidoarjo mampu mengantarkan Habibah menjalani operasi tumor tanpa dipungut biaya.

Habibah sempat kesulitan ditangani pihak rumah sakit namun tidak tuntas. Kepedulian ini bukan semata-mata, karena Polres Sidoarjo banyak uang.

Polres membantu Habibah mendapatkan pengobatan gratis yang sudah diprogramkan pemerintah. Sebelumnya Habibah tak mendapat hak berobat gratis karena terbentur dengan prosedural.

BACA JUGA :  Tabrak Bokong Dump Truk, Pemotor Tewas di Jalan Ponokawan Krian

Arist berharap, Polres Sidoarjo terus mengawasi dan ikut membantu anak-anak yang sakit namun tidak memiliki biaya untuk berobat. Penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk lebih baik kedepannya, dan harus ditiru dengan polisi lainnya.

Kapolres Sidoarjo AKBP Anggoro Sukartono mengaku senang dengan penghargaan yang diberikan KPAI. Menurutnya, polisi juga berfungsi untuk memberikan pelayanan dalam bentuk sosial termasuk memberi bantuan terhadap Habibah.

Sudah menjadi hak masyarakat yang tidak mampu untuk mendapatkan bantuan kesehatan. “Kami hanya mengantarkan Habibah agar ditangani dari rumah sakit dan memutus sulitnya prosedur yang dialami selama ini,” tandas Anggoro.

BACA JUGA :  Deltras FC Launching Jersey Besok Sekaligus Ujicoba Lawan Persipa Pati di Gelora Delta

Mantan Kapolres Ngajuk itu menegaskan, tidak hanya anak kecil yang dibantu. Semua masyarakat Sidoarjo yang sakit dan mengalami kesulitan mendapatkan penanganan dari pemerintah, juga akan dibantu.

Seperti, beberapa waktu lalu pihaknya  juga membantu mengantarkan Mbah Surip warga Buduran ke rumah sakit. Selama 23 tahun, mbah surip menderita tumor dan kesulitan mendapat bantuan kesehatan karena terbenyur prosedur yang rumit. (st-12)