SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa

Bangunan Bambu Yang Bertengger di Atap Rumah Warga Seketi Balongbendo Akhirnya Dibongkar

Proses pembongkaran bangunan bambu diatas rumah warga Seketi Balongbendo

(SIDOARJOterkini) – Sebuah bangunan dari bambu yang sudah bertengger selama dua tahun di atas rumah Sutoyo warga Desa Seketi RT 01/06 Kecamatan Balongbendo akhirnya dibongkar, Selasa 12 Januari 2021.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, bangunan dari bambu berukuran 2X2 tersebut didirikan oleh Robil tepat diatas atap rumah Sutoyo sejak dua tahun lalu. Warga nampak ketakutan saat meminta Robil untuk dapat membongkarnya lantaran kerap marah dan bahkan membawa senjata tajam.

Robil merupakan warga asal Desa Seketi yang menikah dengan wanita asal Mojokerto serta tinggal di Mojokerto. Setelah menikah beberapa tahun, Robil diduga bercerai dengan istrinya dan mengalami gangguan kejiwaan dan kembali ke Desa Seketi.

BACA JUGA :  PW LPPNU Jatim Tolak Keras Rencana Pemerintah Pungut Pajak Sembako

Sekretaris Desa Seketi, Fery Ariestyanto, mengatakan, Robil mendirikan bangunan bambu itu lantaran memiliki hak tanah dari keluarganya yang berada di sekitar lokasi tersebut. Namun saat dilakukan mediasi dengan pihak keluarganya yang ada di Mojokerto, tak ada tanggapan.

“Jadi ketika diminta untuk membongkar bangunan itu, keluarga Robil yang berada di Mojokerto tidak memberikan tanggapannya,” katanya.

BACA JUGA :  Satgas Covid-19 dan 3 Pilar Kecamatan Tanggulangin Gelar Vaksinasi di Desa Kalitengah

Akibatnya, warga kemudian melakukan pengaduan untuk melakukan pembongkaran secara paksa. Fery mengatakan, hal tersebut dilakukan lantaran rumah yang ditempati banguanan bambu tersebut mengalami kebocoran saat hujan. Sehingga dinilai sangat mengganggu warga.

Kanit Reskrim Polsek Balongbendo Iptu Amman mengatakan, pihaknya menggelar mediasi dan musyawarah dengan keluarga Robil dan warga. Hasilnya, untuk sementara Robil dijaga dan ditemani oleh anggota Linmas selama tiga shift bergantian.

“Hasil mediasi itu yaitu melakukan pendekatan persuasif dalam pengamanan Robil untuk di tempatkan di Kantor Poskesdes di Balai Desa Seketi,” katanya.

BACA JUGA :  Diduga Kelebihan Muatan, Truk Muat HCl Terguling di Jalan Keret Krembung

Selama di Kantor Poskesdes, kebutuhan makan dan minum akan ditanggung oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Seketi. Selain itu, rumah bambu milik Robil juga dilakukan pembongkaran dengan disampingi oleh perangkat desa.

Setelah pembongkaran bangunan bambu itu selesai, warga akan membangun rumah sederhana secara swadaya lengkap dengan penerangan cukup untuk ditempati sebagai tempat tinggal. “Setelah itu nantinya Robil dipersilahkan untuk mnempatinya kembali,” ujar Amman. (cles).