SIDOARJO TERKINI
Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa

Babinsa Ramil 0816/13 Wonoayu Dampingi Giat Posyandu Desa Jimbaran Wetan

 

(SIDOARJOterkini) – Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu melakukan pendampingan pelaksanaan Posyandu Desa Jimbaran Wetan yang dilakukan bidan desa, Selasa 24 Januari 2023.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil dan Balita di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tersebut untuk mencegah kematian pada ibu hamil dan Balita kekurangan gizi.

Babinsa Jimbaran Wetan Serda Asrofi mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi ibu dan Balita di Posyandu dimaksudkan untuk menekan angka kematian pada ibu hamil dan mencegah Stunting pada bayi.

“Untuk itu kita selalu menghimbau kepada para ibu yang hamil dan yang memiliki balita untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin di Posyandu,”ungkap Serda Asrofi.

Karena menurutnya, melalui pemeriksaan kesehatan di Posyandu secara rutin maka setiap perkembangan kesehatan ibu dan bayi bisa dipantau.

BACA JUGA :  Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini, Babinsa Koramil 0816/11 Tarik Berikan Materi Wasbang dan PBB di SMK Taruna
BACA JUGA :  Peringati Harjasda Ke-164, Bupati Sidoarjo Bersama Habaib dan Ribuan Jama'ah Majelis Dzikir Al-Khidmah Gelar Doa

“Sehingga bila menemukan gejala penyakit bisa langsung ada penanganan,”ujarnya.

Sementara itu Bidan Desa Jimbaran Wetan Ni Nyoman Murtiyani menyampaikan, selain melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala kepada ibu dan Balita, dirinya juga memberikan vitamin A dan vaksin IPV (Polio) kepada balita.

BACA JUGA :  Pagelaran Wayang Kulit Lakon Pandowo Krido Dalang Ki Cahyo Kuntadi Meriahkan Peringatan Hari Jadi Sidoarjo ke 164

“Kami juga memberikan edukasi untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS),”ucapnya.

Dengan cuci tangan lanjut Ni Nyoman, akan membiasakan hidup bersih dan sehat yang diawali dengan kebersihan tangan.

“Dengan cuci tangan, 47 Persen kematian akibat penyakit diare bisa ditekan,”tuturnya. (cles)