SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan

Babinsa Koramil 0816/07 Krembung Dampingi Kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika di SMK Islam

 


(SIDOARJOterkini) – Babinsa Koramil 0816/07 Krembung mendampingi siswa-siswi SMK Islam melaksanakan kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika yang bertempat di Lapangan SMK Islam Desa Rejeni Kecamatan Krembung Sidoarjo. Sabtu, 03 September 2022.

Kegiatan yang diikuti oleh Siswa-siswi Kelas X SMK Islam tersebut dihadiri oleh beberapa anggota Koramil 0816/07 Krembung yaitu Serma Tri Sakti, Serka Dwi Adianto Putra serta Kepala Sekolah Burhanudin Yusuf S.pd.

Pada kesempatan tersebut anggota Koramil 0816/07 Krembung Serma Tri Sakti memberikan materi tentang Kepemimpinan Saka Wira Kartika, untuk membentuk para generasi muda menjadi patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Tim Research SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Borong 4 Juara Internasional di Malaysia

“Tujuan kami memberikan materi-materi saka wira kartika ini adalah memberi pendidikan di bidang matra darat bagi anggota Gerakan Pramuka melalui kegiatan nyata, produktif, dan berguna bagi dirinya dan masyarakat sesuai dengan kondisi wilayahnya masing-masing.” tambahnya.

Serka Dwi menambahkan, Dalam materi Saka Wira Kartika terdapat Beberapa 5 Krida, Krida itu artinya adalah satuan kecil yang merupakan bagian dari Saka sebagai wadah kegiatan keterampilan tertentu, yang merupakan bagian dari kegiatan dan beranggotakan maksimal 10 (sepuluh) orang. Kelima Krida tersebut adalah Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Mountaineering, Krida Survival serta Krida Penanggulangan.

BACA JUGA :  TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Kawal Pelaksanaan BIAS
BACA JUGA :  Danramill 0816/06 Tanggulangin Bersama Forkopimka Peringati HUT TNI Ke - 77

“Kami berharap, usai kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika, para siswa bisa melaksanakan dan mengamalkan ilmu yang didapat, melalui pengamalan Satya dan Dharma Pramuka, Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika ini akan menjadi wadah yang ideal dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual generasi muda.” Pungkasnya.(cles)