SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa

Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Monitoring Penetapan DPS Pilkades Penatarsewu

 


(SIDOARJOterkini) – Panitia Pemilihan Kepala Desa Penatarsewu menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkades yang bersumber dari data DP4 Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo di Balai Desa setempat, Selasa 24 Mei 2022.

Rapat pleno penetapan DPS yang juga dipantau Babinsa Penatarsewu Koramil 0816/06 Tanggulangin Sertu Yoyo menetapkan daftar pemilih sementara Pilkades tercatat 2.391 Pemilih yang terdiri dari laki-laki sebanyak 1.188 pemilih dan perempuan sebanyak 1.203 pemilih.

Babinsa Desa Penatarsewu Sertu Yoyo mengatakan, monitoring yang dilakukan untuk memastikan kegiatan tersebut berlangsung aman dan kondusif. Selain itu juga penerapan protokol kesehatan dilaksanakan secara maksimal.

BACA JUGA :  Pabrik Thinner di Pergudangan Safe n Lock Sidoarjo Terbakar Hebat, Dua Karyawan Alami Luka Bakar

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan ini agar bisa menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Sehingga terciptanya Pilkades Serentak yang aman, damai dan lancar.” tegasnya.

Usai ditetapkan, selanjutnya DPS diumumkan kepada warga masyarakat melalui Perangkat Desa, Kepala Dusun dan juga para calon kepala desa untuk diteliti, diverifikasi dan di validasi sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

BACA JUGA :  Kementerian ATR/BPN Gelar Sosialisasi Program Stategis Bagi Masyarakat Sidoarjo

“Diharapkan warga masyarakat ikut berperan aktif meneliti dan mengecek DPS Pilkades tersebut,”tambahnya.

BACA JUGA :  Setoran PPS Kanwil DJP Jatim II Tembus Rp1,25 Triliun

Apabila dalam DPS ditemukan nama ganda, meninggal dunia dan pindah tempat tinggal atau ada pemilih yang belum terdaftar, atau pemilih yang belum berusia 17 tahun (belum kawin), segera memberitahu Ketua RT atau Perangkat Desa agar bisa menggunakan hak pilihnya saat Pilkades digelar. (cles)