SIDOARJO TERKINI
Hukum & Kriminal Indeks Kodim 0816 Sidoarjo Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa

Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Evakuasi ODGJ yang Meresahkan Warga di Pasar Kalisampurno

 

Foto : Babinsa Kalisampurno Tanggulangin Sertu Sunarto saat mengevakuasi ODGJ ke Liponsos Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) – Kenyamanan para pengunjung dan pedagang di pasar tradisional Desa Kalisampurno Kecamatan Tanggulangin terusik dengan adanya ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang sering tidur berpindah-pindah dan buang kotoran sembarangan di lingkungan pasar.

Sertu Sunarto Babinsa Kalisampurno Koramil 0816/06 Tanggulangin yang mendapatkan laporan terkait hal tersebut langsung berusaha mencari ODGJ tersebut.

BACA JUGA :  Melalui Program Babinsa Masuk Sekolah, Koramil 0816/05 Tulangan Beri Pembinaan Wasbang dan PBB di SMK Persatuan

“Saya koordinasi dengan pihak Pemdes, petugas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Satpol PP Kecamatan Tanggulangin, untuk melakukan evakuasi yang bersangkutan ke Liponsos Sidoarjo untuk penanganan lebih lanjut,”ungkap Sertu Sunarto, Rabu 18 Januari 2023.

Dijelaskannya, ODGJ tersebut diketahui bernama Teo usia 52 tahun beralamat di perumahan pantai mentari Blok-E No.22 Kelurahan Sukolilo Surabaya.

“Dia tidurnya berpindah-pindah dan sangat mengganggu kenyamanan warga,”ucapnya.

BACA JUGA :  Peringati Harjasda Ke-164, Bupati Sidoarjo Bersama Habaib dan Ribuan Jama'ah Majelis Dzikir Al-Khidmah Gelar Doa

Proses evakuasi ODGJ tersebut lanjut Sertu Sunarto, mengalami sedikit kesulitan, dan dirinya harus membujuk yang bersangkutan untuk mau dibawa ke Liponsos.

BACA JUGA :  Melalui Program Babinsa Masuk Sekolah, Koramil 0816/05 Tulangan Beri Pembinaan Wasbang dan PBB di SMK Persatuan

“Kita bujuk pelan-pelan, dan akhirnya dia mau dibawa ke Liponsos,”ujarnya.

Dengan kendaraan Satpol PP Kecamatan Tanggulangin, lelaki ODGJ yang penuh luka di kakinya tersebut akhirnya dibawa ke Liponsos Sidoarjo untuk dilakukan penanganan dan perawatan.(cles)