SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Babinsa Koramil 0816/05 Tulangan Hadiri Sosialisasi PATBM di Desa Pangkemiri

 

(SIDOARJOterkini) – Anggota Koramil 0816/05 Tulangan menghadiri sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang digelar Dinas  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sidoarjo di Balai Desa Pangkemiri, Kamis 08 September 2022.

Sosialisasi dihadiri anggota DPRD Sidoarjo Damroni Khudori, Dinas P3A Kabupaten Sidoarjo  Evi Dyah, Kepala Desa Pangkemiri Mulyono, Babinsa Kemiri Peltu Arif, Kader PKK.

Babinsa Pangkemiri Peltu Arif Sariawan menjelaskan, sosialisasi yang digelar untuk mencegah kekerasan terhadap anak sehingga warga bisa tahu norma-norma positif anti kekerasan terhadap anak,

BACA JUGA :  Dirgahayu TNI ke 77, Bupati Sidoarjo: TNI Milik Rakyat, TNI Adalah Kita

“Dengan demikian sistem dukungan serta pengendalian pada tingkat komunitas dan keluarga serta meningkatnya keterampilan hidup dan ketahanan diri anak akan terbangun di masyarakat,”tegasnya.

Dijelaskannya, dengan sosialisasi masyarakat akan mampu mendeteksi lebih dini anak-anak korban kekerasan. Selain itu, masyarakat juga akan tahu layanan untuk menerima laporan sehingga dapat membantu anak korban kekerasa  untuk mendapatkan pertolongan.

BACA JUGA :  Ketua PKK Sidoarjo Bekali 200 Kader PKK Kecamatan Ilmu Keprotokolan dan MC

“Sosialisasi ini merupakan wujud terbangunnya jejaring kerja dengan berbagai lembaga pelayanan yang berkualitas dan mudah dijangkau untuk mengatasi korban maupun pelaku serta menangani anak dalam resiko,”tegasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat diharapkan bisa melakukan pencegahan dan respon cepat terjadinya kekerasan terhadap anak di tingkat desa/kelurahan serta menjadi ujung tombak untuk melakukan upaya – upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku untuk memberikan perlindungan kepada anak.

BACA JUGA :  Mitra Sehat Mandiri Gelar Wisuda, Begini Pesan Wabup Sidoarjo 

“Mudah-mudahan dengan semangat untuk melindungi anak dari kekerasan dapat mewujudkan Desa Pangkemiri layak anak,”tandasnya.(cles)