SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Awal April RSUD Sidoarjo Barat Mulai Layani Rawat Jalan

 


(SIDOARJOterkini) – Meski belum membuka layanan rawat inap, keberadaan RSUD Sidoarjo Barat sangat membantu warga Sidoarjo barat dalam mendapatkan kemudahan akses layanan kesehatan. Rumah sakit tipe C dengan kapasitas rawat inap 100 bed itu akhir Maret rencananya akan dilaunching Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) dan mulai April depan sudah beroperasi menerima pelayanan rawat jalan.

“April sudah mulai operasi, sementara melayani rawat jalan dulu, untuk layanan IGD sedang disiapkan,” ujar Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor. Sabtu, (26/3/2022).

Pelayanan rawat jalan diantaranya, layanan Poli Spesialis Anak, Poli Kandungan, Poli Bedah Orthopedi, Poli Bedah Umum hingga Poli Gigi tengah disiapkan manajemen RSUD Sidoarjo Barat termasuk juga layanan IGD nya.

BACA JUGA :  Kasus Pungli PTSL yang Menjerat Kades Suko Sukodono dan 3 Perangkatnya Segera Disidangkan

Di dalam ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) terlihat sudah dipasang beberapa bed yang berjejer. Untuk memaksimalkan pelayanan nanti, manajemen RSUD Sidoarjo Barat menyiagakan 2 unit mobil ambulance dan 1 unit mobil jenazah.

Pemerataan dan peningkatan layanan kesehatan kata Gus Muhdlor sudah menjadi kebutuhan dasar warga Sidoarjo. RSUD Sidoarjo Barat akan mencover warga yang tinggal di kecamatan Krian, Balongbendo, Taman, Wonoyu termasuk juga Prambon.

“Menyelamatkan generasi emas salah satunya dengan memenuhi layanan dasar kesehatan. Oleh sebab itu, pemerataan dan peningkatan layanan kesehatan kita prioritaskan,” tutur Gus Muhdlor.

BACA JUGA :  Wabup Subandi Selesaikan Polemik Akses Jalan Perumahan di Desa Bligo Candi 

Minggu keempat Maret ini, pekerja proyek ngebut menyelesaikan pekerjaan interior ruangan seperti, ruang front office, ruang staf pelayanan IGD dan beberapa ruang pendukung lainnya.

Plt. Direktur RSUD Sidoarjo Barat dr. Abdillah Segaf Al Hadad menyampaikan, manajemen saat ini sedang fokus dalam menyiapkan fasilitas layanan rawat jalan ditiap Poli, termasuk perlengkapan dilayanan IGD sedang dikebut.

“Mulai dari perlengkapan bed, penutup sekat ruangan termasuk peralatan yang ada di IGD masih dikebut. Untuk di ruang Poli Kandungan sudah dilengkapi alat tes pemeriksaan kandungan Ultrasonografi (USG). Targetnya saat soft lanching nanti sudah ready,” kata Abdillah.

BACA JUGA :  Dua Motor Tabrakan di Jalan Singkalan Balongbendo, 1 Pengendara Luka Serius

Selain merampungkan bangunan fisik, penyiapan tenaga medis seperti dokter dan perawat ditiap Poli juga tengah dimatangkan, termasuk tenaga administrasinya.

” Selain merampungkan yang fisik, penyiapan tenaga medis juga penting, ini sedang kita matangkan,” terang Abdillah yang juga menjabat Kepala Bidang Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pemkab Sidoarjo. (st-12/cles)