SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Politik & Pemerintahan

ARCI Rilis Hasil Survei, Elektabilitas Tokoh Muda PDI Perjuangan Sidoarjo Layak Diperhitungkan

 

 

Samsul Hadi Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sidoarjo

(SIDOARJOterkini) – Hasil survei yang dirilis oleh Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) pada 18 Mei 2022, memunculkan nama Samsul Hadi seorang tokoh muda PDI Perjuangan sebagai kandidat yang layak diperhitungkan dalam bursa Cawabup Sidoarjo mendatang.

“Oleh responden Samsul Hadi dianggap mewakili tokoh milenial sehingga saat disodorkan pertanyaan nama-nama calon Wabup Sidoarjo, menyebut nama tokoh muda yang saat ini menjabat Sekretaris PDI Perjuangan Sidoarjo tersebut,”ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat rilis hasil surveinya di Sidoarjo, Rabu 18 Mei 2022.

Diungkapkan Baihaki, munculnya nama Samsul Hadi memang mengagetkan bahkan hingga menembus 5 besar tokoh muda yang dipilih responden sebagai cawabup Sidoarjo, sebab dia bukan berasal dari Anggota Legislatif ataupun Pejabat Publik.

“Samsul Hadi ini kader PDI Perjuangan Sidoarjo, Dia Sekretaris DPC Sidoarjo. Tetapi namanya terekam responden yang kami survei. Jadi nama Samsul Hadi ini bisa menjadi kuda hitam di Pileg maupun Pilkada Sidoarjo mendatang,”ucapnya.

Baihaki menambahkan memang tren elektabilitas PDI Perjuangan di Sidoarjo menunjukkan kenaikan. Saat kami lakukan survei bulan Januari 2022 kemarin elektabilitas PDI Sidoarjo diangka 10,9 %. Survei terbaru ARCI yang dilakukan tanggal 11 April hingga 25 April elektabilitasnya naik menjadi 12,7 %.

BACA JUGA :  Khawatirkan Keselamatan Siswa, Babinsa 0816/05 Tulangan Bersama Warga Tebang Pohon yang Rawan Tumbang di Halaman Sekolah

“PDI Perjuangan di Sidoarjo elektabilitas terus naik berada di peringkat kedua. Peringkat pertama PKB dan peringkat ketiga Partai Gerindra disusul peringkat ke empat Partai Golkar dan kelima PAN,” imbuhnya

BACA JUGA :  Air Sungai Meluap, Bupati Sidoarjo Siagakan BPBD dan Dinkes Bantu Warga Terdampak Banjir

Baihaki menambahkan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi elektabilitas tokoh muda PDI Perjuangan Sidoarjo itu, Diantaranya gencarnya Samsul mengkampanyekan program Partainya di Media Sosialnya (Medsos). Kemudian dia adalah kader murni Partai besutan Megawati Soekartono Putri tersebut.

“Dia kader partai, kemungkinan Kader Partai PDI Perjuangan di Sidoarjo ingin sekali ada kader yang duduk Pendopo Sidoarjo di Pilkada Sidoarjo tahun 2024 mendatang,” jelasnya.

Lebih jauh Baihaki menegaskan jika survey ARCI dilakukan pada 11-25 April 2022, dengan jumlah responden proporsional.

“Survei ini menggunakan multistage random sampling dengan jumlah 400 responden dengan margin of error kurang lebih 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebersar 20 %, sampel didatangi kembali oleh supervisor (spot chek) dalam kualiti kontrol dan tidak di temukan kesalah yang berarti. Wawancara dilakukan dilapangan tanggal 11 April hingga 25 April 2022,”pungkasnya.

BACA JUGA :  Rekatkan Silaturrahmi, PSHW-TM Ranting Balongbendo Gelar Lari Bersama

Berikut rilis hasil surveI ARCI terkait nama nama sebagai Calon Wakil Bupati Sidoarjo yang disodorkan koresponden.

1. H Subandi : 27,8 %

2. Sallamul Hadi Nurmawan : 16,5 %

3. Adam Rusydi : 9,7 %

4. Samsul Hadi : 9,4 %

5. Mimik Idayana : 11,9 %

6. Zahlul Yussar : 4,3 %

Lainnya : 10,1 %

Tidak Tahu/Tidak Menjawab : 10,3 %