SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks

Aparat Gabungan Gerebek Gudang Penyulingan Limbah Minyak Sawit di Buduran Sidoarjo

 


SIDOARJO – Aparat Gabungan melakukan penggerebekan sebuah Perusahan yang menjual daur ulang produksi limbah proses minyak sawit di Sukorejo, Buduran, Sidoarjo digerebek aparat gabungan, Jumat (31/3).

Gudang penyulingan limbah minyak sawit milik PT. Anugerah Dwi Mutiara itu digerebek Kepolisian, BPOM dan jajaran Intelijen lantaran diduga palsukan izin edar salah satu merek minyak.

Koordinator Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Timur, Hesti mengungkapkan dari hasil penyelidikan, diduga perusahaan itu memalsukan salah satu merek minyak dan tidak memiliki izin tempat penyulingan limbah.

BACA JUGA :  Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Laksanakan Normalisasi Sungai di Desa Penambangan

“Besar dugaan mereka memalsukan izin edar dan kalau dilihat dari tempat penyulingan yang kumuh kemungkinan juga tidak memiliki izin,” kata Hesti.

Hal itu dipastikan usai melaksanakan inspeksi mendadak di gudang tempat penyimpanan minyak daur ulang yang sudah dikemas di pergudangan safe n lock Sidoarjo.

BACA JUGA :  Meriahnya Milad ke-2 PSHW-TM Balongbendo, Tampilkan Atraksi Seni Silat

Menurut Hesti, minyak kemasan dengan merek minyak kita yang ada di gudang penyimpanan milik PT Anugerah Dwi Mutiara tak memiliki izin edar dan memalsukan izin milik pihak lain.

“Dari gudang penyimpanan itu kita telusuri ternyata tempat penyulingan nya juga seperti itu (tidak layak),” ungkapnya.

BACA JUGA :  Babinsa Penambangan Tingkatkan Minat Baca Anak-Anak TK Melalui Program TMMD ke-120

Sementara itu, salah satu aparat yang enggan disebut namanya menegaskan jika asal usul minyak yang diduga tak memiliki izin itu berasal dari Kalimantan timur.

“Kalau limbah minyak daur ulangnya yang jelas dari Kalimantan Timur. Sementara ini kami masih menunggu untuk menyegel gudang dan tempat penyulingan,” pungkasnya.(cles)