SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Antrean Online Harus Dimanfaatkan Untuk Kemudahan Peserta JKN

 

(SIDOARJOterkini)– BPJS Kesehatan terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder untuk meningkatkan kemudahan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam mengakses layanan kesehatan. Salah satunya dengan menciptakan inovasi yang terintegrasi yaitu antrean online yang saat ini telah diterapkan di RS Anwar Medika Sidoarjo. Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan melakukan peninjauan langsung pemanfaatan antrean online di RS Anwar Medika, Kamis (08/09).

“BPJS Kesehatan dan seluruh mitra kerja diharapkan memberikan pelayanan dan tata kelola yang baik kepadanya masyarakat, dan antrean online ini tentu saja meningkatkan kenyamanan peserta JKN, antara lain memperpendek masa tunggu di RS dan memastikan dokter datang sesuai jadwal praktik,” ujar Edwin.

Disampaikan oleh Edwin bahwa keberhasilan pelayanan untuk masyarakat ini kata kuncinya adalah tidak boleh ada perbedaan antara kebijakan, program dan pelaksaan di lapangan.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Hadiri Pelantikan PAC Fatayat NU

“Artinya integrity harus dijaga, apa yang disampaikan, apa yang dipikirkan juga harus yang dirasakan oleh pasien. Saya berharap integritas ini tidak hanya terkait dengan antrean online tetapi untuk semua pelayanan yang kita berikan kepada peserta JKN,” tambah Edwin.

Edwin mengatakan bahwa era teknologi informasi saat ini tidak dapat kita hindari maka kita harus mengikuti dan benar-benar memanfaatkan teknologi tersebut.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Temui Warga, Bahas Pembebasan Makam Desa Waru yang Terdampak Frontage Road

“Membeli teknologi itu murah dan mudah namun memanfaatkan, mengimplementasikan dan menjadikannya sebuah result yang bernilai itulah yang sulit. Maka dari itu saya ingin sistem antrean online ini dapat benar-benar dimanfaatkan oleh peserta JKN untuk kemudahan dan kenyamanan peserta,” tutur Edwin.

Direktur RS Anwar Medika, Nungky Taniasari menyampaikan bahwa pelayanan peserta JKN di RS Anwar Medika saat ini telah berjalan dengan baik sesuai dengan alur pelayanan, begitu pula pemanfaatan antrean online oleh peserta JKN.

BACA JUGA :  Tukang Becak Asal Sidoarjo Tega Cabuli Bocah Cantik Tetangganya

“Peserta JKN yang berobat ke RS Anwar Medika rata-rata per hari sebanyak 500-600 peserta, kamar rawat inap hamper 93 persen diisi oleh peserta JKN. Dan untuk peserta JKN yang memanfaatkan antrean online kurang lebih sudah 50 persen,” jelas Nungky.

Kunjungan tersebut dilanjutkan dengan melakukan peninjauan sarana prasarana di RS Anwar Medika dan pemberian piagam penghargaan atas komitmen RS Anwar Medika dalam implementasi system antrean online serta pemberian plakat sebagai tanda mata dari BPJS Kesehatan.(cles)