SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi PMK, Babinsa Koramil 0816/06 Tanggulangin Pantau Ternak di Lapak Penjualan Hewan Kurban

 

Babinsa dan PPL lakukan pemantauan di Lapak Penjualan Ternak Kurban Tanggulangin

(SIDOARJOterkini) – Semakin merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) membuat anggota Kodim 0816 Sidoarjo bergerak untuk melakukan pencegahan dengan memantau hewan ternak di lapak penjualan hewan kurban di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Hal tersebut, seperti dilakukan Babinsa Koramil 06/ Tanggulangin bersama dengan tenaga kesehatan dari puskesmas yang melaksanakan monitoring hewan ternak di lapak penjualan hewan kurban di Desa Ngaban Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo, Rabu 06 Juli 2022.

“Kita bersama dengan tim kesehatan melakukan pemantauan ternak di lapak penjualan hewan ternak untuk pencegahan penyebaran PMK,”ungkap Babinsa Ngaban Pelda Nurdi saat melakukan pemantauan di lapak penjualan hewan kurban milik H Suparno.

BACA JUGA :  Pekan Panutan Pajak, BPPD Adakan Fun Bike, Capaian Pajak Sentuh Angka 72,52 Persen
BACA JUGA :  Dua Sepeda Motor Tabrakan di Simpang Lima Krian, 1 Orang Luka Serius

Dijelaskannya, dari pantauan yang dilakukan bersama tim kesehatan tidak ditemukan ternak dengan tanda-tanda yang menunjukkan terjangkit PMK.

“Apabila ditemukan hewan ternak yang terkait PMK, segera kita laporkan ke pihak terkait agar segera ditindaklanjuti,”ucapnya.

BACA JUGA :  Pelatihan Pembuatan Kue Hiasi Program TMMD ke 114 Kodim 0816/Sidoarjo

Sementara itu Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Hartati mengatakan, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hanya menjangkiti hewan ternak dan tidak bisa menular ke manusia.

“Untuk itu diharapkan masyarakat tetap tenang dan tidak panik,”tandasnya. (cles)