SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan Pojok Desa

Antisipasi PMK, Babinsa 0816/Waru Bersama PPL Laksanakan Vaksinasi Ternak

 

(SIDOARJOterkini) – Ditengah maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, Pemerintah Kab. Sidoarjo melalui Dinas Peternakan terus bergerak dan menggencarkan vaksinasi kepada hewan ternak.

Tim Satgas Penanganan PMK Dinas Peternakan bersama PPL Kec Waru didampingi Babinsa 0816/Waru Kodim 0816 melakukan penyuntikan pengecekan dan vaksin ternak sapi dan kambing di wilayah Kec. Waru Kab. Sidoarjo,pada Rabu (27/07).

Dalam kegiatan tersebut, tim mendatangi kandang kambing desa Janti untuk mengecek kondisi hewan kambing milik warga dan tak lupa memberikan vaksin degan harapan hewan ternak aman dan tidak terpapar PMK

BACA JUGA :  Tukang Becak Asal Sidoarjo Tega Cabuli Bocah Cantik Tetangganya

Dikatakan Serda Sodiq Babinsa Janti saat mendampingi tim satgas PMK dipimipin drh Arif Wahyu bahwa tim menyisir 3 kandang milik Bpk. Supaham, Bpk Salam dan Bpk A Aziz yang berada di desa Janti Kecamatan Waru dengan hasil pantauan tidak terdapat hewan ternak terpapar PMK serta memberikan dosis vaksin kepada 8 ekor kambing.

“Alhamdulillah, tidak ada ternak yang terpapar PMK,”tegasnya.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Hadiri Pelantikan PAC Fatayat NU

Pada kesempatan tersebut Serda Sodiq juga menghimbau kepada masyarakat khususnya yang memiliki hewan ternak agar tetap menjaga kebersihan kandang, serta pemberian asupan makanan dan vitamin agar hewan ternak tetap sehat dan jauh dari penyakit.

“Bila ada tanda-tanda hewan terkena sakit yang menjurus ke wabah PMK agar segera melaporkan kepada dinas terkait, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan dan tidak menular kepada hewan ternak yang lain,” Lebih lanjut ujar sang Babinsa.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Hadiri Konfercab Alumni GMNI 

Untuk populasi hewan ternak di wilayah Kec Waru hasil pemantauan PPL dan para Babinsa Koramil 0816/16 Waru sebanyak 10 ekor sapi, 205 ekor kambing serta 196 ekor domba dan untuk hewan babi masih nihil. (cles)