SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Politik & Pemerintahan

Antisipasi Penyebaran PMK, Kodim 0816 Sidoarjo Lakukan Pemeriksaan Kendaraan Pengangkut Hewan Ternak

 

(SIDOARJOterkini) – Untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Anggota Kodim 0816 Sidoarjo bersama dengan Polri dan instansi terkait melakukan penyekatan di sejumlah titik perbatasan Kabupaten Sidoarjo, Minggu 12 Juni 2022.

Penyekatan kendaraan pengangkut ternak sapi dari luar kota dilakukan di Pos P1 Kecamatan Waru, Pos P1 Kecamatan Krian, Bypass Krian, Depan Pos Pusdik Gasum.

Danramil 01/Sidoarjo kota Kapten Chb Kamsuri menyatakan, jelang Hari Raya Idhul Adha Gugus tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak di wilayah Kabupaten Sidoarjo, memperketat arus masuknya hewan ternak sapi ke wilayah Sidoarjo, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran PMK.

BACA JUGA :  Babak Final, Tim Futsal Sidoarjo Berhasil Raih Medali Perak di Porprov Jatim VII
BACA JUGA :  Sosialisasi Penanganan PMK Oleh Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo di Kodim 0816/Sidoarjo

“Penyekatan yang dilakukan ini salah satunya bertujuan untuk membatasi mobilitas hewan ternak. Hal ini juga untuk menekan penyebaran virus PMK.” tuturnya.

Setiap kendaraan pengangkut ternak sapi yang hendak masuk atau hanya melintasi wilayah Kabupaten Sidoarjo akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas gabungan dari Kodim 0816 Sidoarjo bersama dengan polisi.

BACA JUGA :  Kontribusi Anggota Karang Taruna Dalam Menjalankan Perannya

“Kami memerintahkan kepada anggota jajaran Kodim 0816/Sidoarjo untuk bersinergi bersama dengan Polresta Sidoarjo melakukan penyekatan dan razia lalu lintas perdagangan hewan ternak, tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran virus PMK ini,” tegasnya.(cles)