SIDOARJO TERKINI
Headline Hukum & Kriminal Indeks Pendidikan & Kesehatan Politik & Pemerintahan

Antisipasi Penyebaran PMK, Babinsa Koramil Candi Lakukan Pengecekan Kendaraan Muat Hewan Ternak

 

(SIDOARJOterkini) – Upaya antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Sidoarjo dilakukan Babinsa Koramil 0816/02 Candi bersama Anggota Polsek Candi dan instansi terkait dengan melakukan pemantauan dan pengecekan setiap kendaraan yang memuat ternak sapi di Pos Lantas Pusdik Gasum Porong, Minggu 05 Juni 2022.

BACA JUGA :  Babak Final, Tim Futsal Sidoarjo Berhasil Raih Medali Perak di Porprov Jatim VII

“Langkah antisipasi dilakukan TNI – Polri bersama instansi terkait agar virus PMK tidak menyebar di wilayah Sidoarjo,”ungkap Serma Sulaiman Babinsa Koramil Candi.

Dijelaskan Serma Sulaiman, kegiatan Poskat pengecekan terhadap hewan ternak sapi dilakukan setelah terjadinya beberapa kasus PMK yang menimpa sapi milik peternak di wilayah Sidoarjo.

BACA JUGA :  Setoran PPS Kanwil DJP Jatim II Tembus Rp1,25 Triliun

“Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk memutus rantai penyebaran virus diantaranya dengan melakukan penyekatan seperti ini,”ujarnya.

Dirinya juga menghimbau kepada para peternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan memantau kesehatan ternaknya.

“Apabila mendapati gejala-gejala yang mencurigakan pada ternaknya segera berkoordinasi dengan dokter hewan maupun Puskeswan agar cepat bisa teratasi dan tidak menular pada ternak yang lain,”ujarnya.

BACA JUGA :  Pabrik Thinner di Pergudangan Safe n Lock Sidoarjo Terbakar Hebat, Dua Karyawan Alami Luka Bakar

Pada kegiatan pemantauan dan pengecekan yang dilakukan, petugas tidak menemukan hewan ternak yang memiliki gejala mengidap PMK. (cles)