SIDOARJO TERKINI
Headline Indeks Pojok Desa Politik & Pemerintahan

Angin Puting Beliung Memporak Porandakan Tiga Desa Di Kecamatan Krian

 

Rumah warga tertimpa pohon tumbang

(SIDOARJOterkini) – Bencana angin puting beliung melanda tiga desa di kawasan Kecamatan Krian yakni Desa Gamping, Jeruk Gamping dan Tambak Kemeraan pada Minggu Sore 30 Januari 2022, sejumlah rumah rusak dan pepohonan tumbang.

Kejadian yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB tersebut, diawali dengan hujan lebat disertai angin kencang. Beberapa pohon tumbang menimpa sejumlah rumah hingga mengalami kerusakan ringan sedang hingga ringan.

“Hujannya sangat lebat disertai angin, sebelum puting beliung menyapu beberapa rumah, sempat terdengar suara gemuruh, dan tiba-tiba beberapa atap rumah beterbangan serta banyak pohon yang tumbang,”ungkap Anshori salah satu warga.

BACA JUGA :  Tragis, Pemotong Pohon Sekitar Rel Tewas Disambar KA Rangga Jati di Bringinbendo Taman
Warga panik berhamburan keluar rumah

Dikatakan Anshori, ketika itu warga panik berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri meski kondisinya hujan.

“Ya meski hujan, semua menyelamatkan diri dengan keluar ke jalan, takut berada dalam rumah karena memang anginnya sangat mengerikan,”ujarnya.

Petugas dari TNI-Polri, Satpol PP bersama dengan warga melakukan pembersihan pepohonan yang menimpa rumah.

“Yang kita lakukan di lokasi, melakukan pembersihan pepohonan yang roboh menimpa rumah warga serta melakukan pendataan rumah warga yang rusak,”ungkap Ibnu Malik Kasi Trantib Kecamatan Krian.

BACA JUGA :  Job Fair Sidoarjo Dibuka, Libatkan 46 Perusahaan Dengan 1.776 Lowongan Pekerjaan

Dijelaskannya, puting beliung merusakkan beberapa rumah warga di tiga desa, yakni Desa Gamping, Jeruk Gamping dan Kelurahan Tambak Kemeraan.

“Kita lakukan pendataan rumah warga yang mengalami kerusakan dari kategori ringan hingga rusak berat, yang selanjutnya kita laporkan ke Dinas Sosial dan BPBD Sidoarjo,”ucapnya.

Kerusakan paling banyak di Desa Jeruk Gamping sebanyak 11 rumah warga di RT 4 dan 6, untuk Desa Gamping ada 4 rumah warga di RT 5 /1, dan untuk di kelurahan Tambak Kemeraan 1 rumah tertimpa pohon di RT 2.

BACA JUGA :  Bupati Sidoarjo Ajak Belanja Produk UMKM, Melalui Gerakan "Ayo Belanja Produk Lokal"

“Kerusakan terbanyak pada atap rumah yang terbang saat tersapu angin puting beliung,, tidak ada korban jiwa pada kejadian ini,”tegasnya.

Di lokasi petugas BPBD Sidoarjo, TNI Polri, Satpol PP bersama dengan warga melakukan pembersihan pepohonan yang menimpa rumah serta pembetulan sementara beberapa atap rumah. (cles)